Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Debut Resmi Android Pie, Ini 5 Fitur Pentingnya!
SHARE:

Technologue.id, Jakarta – Sejak Google mengumumkan Android P untuk pertama kalinya, banyak yang berasumsi dan berharap Google bakal memilih “Pistachio” sebagai nama versi terbaru dari sistem operasi mobile terpopuler itu. Ekspektasi konsumen ternyata meleset, raksasa search engine tersebut justru menamai penerus Android Oreo dengan label "Pie". Android Pie bisa menjadi salah satu update platform Android yang paling penting dalam beberapa tahun. Google tidak hanya mengubah cara Android bernavigasi, tetapi juga mengubah cara pengguna berinteraksi dengan ponsel - dan bagaimana ponsel berinteraksi dengan penggunanya. Melansir dari blog resmi Google, ada lima fitur penting yang dibawa oleh Android Pie saat ini, antara lain:

Baca juga:

Android P Segera Masuki Versi Final

1. Pengatur batas waktu Ada banyak hal baru di Android Pie, salah satunya Google akan menunjukkan berapa banyak waktu yang Anda habiskan di setiap aplikasi. Dan, yang lebih penting, Anda bisa mengatur batas waktu berapa lama Anda menggunakannya. Anda dapat membatasi diri pada sejumlah waktu tertentu setiap hari - katakan, 15 menit atau satu jam untuk mengakses satu aplikasi. Bila durasi telah habis, ikon aplikasi akan menjadi abu-abu. Anda tidak akan bisa mengakses aplikasi tersebut kembali dalam hari itu juga. Sebaliknya, akan muncul tanda peringatan yang memberi tahu bahwa Anda telah mencapai batas waktu. Namun Anda akan dapat kembali mengakses aplikasi tersebut jika benar-benar mendesak, tetapi sebelumnya kembali ke Settings dan menghapus batas waktu Anda. 2. Notifikasi gaya baru Google meningkatkan mode Do Not Disturb lebih mudah. Ketika ponsel sudah diatur ke mode Do Not Disturb, otomatis notifikasi tidak akan muncul di layar sama sekali. Tidak akan ada di lockscreen maupun drawer (laci) notifikasi. Cara yang lebih gampang lagi, cukup balikkan ponsel dengan layar ke bawah dan otomatis langsung silent. Bila Anda memisahkan antara aplikasi kerja dan aplikasi pribadi, sekarang akan ada tombol untuk mematikan semuanya sekaligus bila tak ingin diganggu notifikasi.

Baca juga:

Ini Fitur-fitur Menawan Android P

3. Navigasi berbasis gestur Sudah lebih dari enam tahun sejak Google membuat perubahan besar pada cara Anda menavigasi Android. Sejak 2011, setidaknya ada tiga tombol di layar: back, home, dan multitask. Tetapi di Android Pie, semua akan berubah. Google mulai beralih ke skema kontrol berbasis gesture. Dengan Android Pie, sekarang navigasi akan banyak mengandalkan gerakan. Pada awalnya, Anda hanya akan melihat tombol Home. Namun saat Anda akan menggesek ke multitask, Anda juga dapat menggeser ke kanan untuk melakukan banyak hal. Akan ada tombol Back, namun hanya saat benar-benar menggunakan aplikasi. Dalam beberapa hal, skema kontrol baru ini pasti akan memperumit keadaan, terutama bagi pengguna yang kurang paham ponsel cerdas. Namun antarmuka gesture ini tidak akan diaktifkan secara default - Anda harus masuk ke Setting dan mengaktifkannya sendiri jika Anda ingin menggunakannya. 4. Mengedit screenshot Pembaruan fitur yang satu ini nampaknya juga ditunggu-tunggu oleh para pengguna Android. Di Android Pie, Anda dapat mengedit dan menandai file screenshot, daripada harus beralih ke aplikasi lain. Juga akan ada opsi untuk mengambil screenshot dari menu Power, yang akan berguna ketika Anda lupa pintasan multibutton.

Baca juga:

Tak Lagi Eksklusif, Ini Ponsel-ponsel Non-Google Pertama Pencicip Android P

5. Fitur Slices Fitur search bawaan Android semakin peka di Pie. Adanya fitur Slices memungkinkan Anda lebih mudah memakai aplikasi yang dibutuhkan tanpa harus mengakses. Contohnya saat mencari aplikasi taksi online tertentu, Google akan otomatis menawarkan tombol untuk menumpang ke rumah atau kantor Anda, sehingga menghemat beberapa penekanan tombol ekstra. Berkat teknologi kecerdasan buatan (AI), drawer notifikasi aplikasi juga akan menyarankan hal-hal cerdas berdasarkan kebiasaan yang Anda lakukan. Pie kini tersedia untuk Pixel, Pixel 2, dan Essential Phone. Selanjutnya, bakal datang ke smartphone lain yang memiliki akses beta dalam beberapa bulan ke depan. Sayangnya, tidak semua fitur utama Pie tersedia dari awal, terutama fitur "digital wellbeing" yang hanya tersedia dalam versi beta di ponsel Pixel. Namun untuk yang lainnya, seperti gesture control dan screenshot editing, tersedia bagi seluruh perangkat yang kompatibel dengan Pie.

SHARE:

Google Gemini AI Batasi Jenis Pertanyaan Terkait Pemilu

Google Tingkatkan Keamanan Browser Chrome dari Malware dan Phishing