Technologue.id, Jakarta – iPhone berukuran kecil sudah lama tak dirilis lagi. Generasi terakhir model ini adalah iPhone SE, yang lahir pada Maret 2016 silam.

Lantas, akankah Apple membuat iPhone “nostalgia” dengan ukuran 4 incian? Kemungkinan, jawabannya adalah tidak.

Baca juga:

Apple Tak Mau Pamerkan Volume Penjualannya Lagi, Ada Apa?

Justru, raksasa Cupertino itu diprediksi akan kembali mengeluarkan iPhone yang ukurannya tak jauh beda dengan iPhone yang telah dirilis tahun ini, yaitu 5,8 inci, 6,1 inci, dan 6,5 inci (mirip iPhone XS Max).

Mengutip BusinessInsider.com (10/11/2018), analis Apple ternama, Ming-Chi Kuo, menyebut iPhone 2019 dengan model terkecil alias mirip iPhone XS diramalkan memakai panel OLED. Sementara dua sisanya yang lebih besar diyakini mengusung panel LCD.

Baca juga:

Bukan iPhone XR, Ternyata Ini iPhone Murah Dambaan Masyarakat

Selain dari segi ukuran, prediksi lain terkait iPhone tahun depan adalah ponsel berlogo apel tergigit itu akan memiliki peningkatan teknologi Face ID. Bahkan, ada kemungkinan sensor pemindai wajah iPhone bakal digabungkan dengan kamera selfie. Bila teknologi itu berhasil diinisiasi, dampaknya, desain notch khas Apple bisa mengecil.

Baca juga:

iPhone Baru Tak Lagi Menggairahkan

Untuk sementara, belum terdengar bocoran fitur yang benar-benar inovatif di iPhone mendatang. Padahal, hal ini dirasa perlu, mengingat persentase penjualan iPhone tidak berubah dalam setahun terakhir. Mengutip laporan shipment smartphone global pada Q3 2018 yang dirilis oleh Counterpoint Research, shipment Apple tercatat 46,9 juta unit saja. Jumlah itu bahkan sedikit turun dari Q3 2017 dengan 46,7 juta.