Technologue.id, Jakarta – Pelbagai lembaga analis pasar masih mencatut nama iPhone sebagai satu dari brand smartphone top dunia. Produk yang mulai diluncurkan sejak 2007 ini terus menjadi andalan Apple untuk bertarung di pasar ponsel pintar yang kian hari makin kompetitif.

Setelah lebih dari sedekade berlalu, ada indikasi konsumen mulai bosan dengan model-model terbaru smartphone berlogo apel tergigit itu. Citi Research Innovation Lab membuktikan bahwa antusiasme netizen untuk mencari informasi tentang iPhone XR/XS/XS Max di mesin pencarian Google pasca launching tak setinggi iPhone X/8/8 Plus yang rilis tahun lalu.

Baca juga:

5 Alasan Mengapa Lebih Baik Beli iPhone XR daripada iPhone XS

Yang cukup mencengangkan, iPhone X/8/8 Plus dan iPhone XR/XS/XS Max bahkan belum bisa menandingi tingginya rasa penasaran warganet begitu Apple merilis iPhone 5.

iPhone Baru Tak Lagi Menggairahkan
Indeks tren pencarian iPhone saat baru dirilis (source: Citi Research Innovation Lab)
- Advertisement -

“Kami mengamati ada lonjakan signifikan untuk penelusuran web setelah acara peluncuran iPhone setiap tahun. Namun, kami juga melihat momentumnya telah menurun seiring waktu,” tulis para analis Citi.

Baca juga:

Pengguna iPhone XS Keluhkan Masalah Sinyal

Mengutip BusinessInsider.com (21/10/2018), analis Citi memperkirakan bahwa hal ini diakibatkan oleh pasar smartphone yang makin mature alias keruh serta kelambatan inovasi iPhone. Fitur-fitur terbaru iPhone belakangan seperti bodi antiair dan pemindai wajah sudah tersedia di sejumlah perangkat lainnya. Makanya, reaksi netizen berbeda ketika iPhone empat atau lima tahun lalu yang kameranya memiliki peningkatan signifikan dan layarnya membesar.

Baca juga:

Hasil Benchmark iPhone XS Max Jauh Ungguli Samsung Galaxy Note 9

Kendati demikian, traffic di search engine Google ini bukan menjadi cerminan bahwa penjualan iPhone akan merosot. “Kami tidak mengharapkan ‘Super Cycle,’ tetapi kami yakin pertumbuhan unit satu digit berkelanjutan iPhone dapat dicapai,” tulis analis Citi.