Technologue.id, Jakarta – Apple dituding menyembunyikan kebenaran mengenai spesifikasi layar dalam seri X iPhone-nya. Tuduhan ini berasal dari dua orang penggugat yang melayangkan surat gugatannya ke pengadilan Distrik AS California Utara.

Gugatan tersebut menuduh Apple telah salah mengiklankan ukuran layar dan jumlah piksel dari layar di iPhone X, iPhone XS dan iPhone XS Max. Apple berbohong tentang ukuran layar dengan menghitung area non-layar seperti notch dan sudut. Keluhan yang disampaikan itu masuk ke 55 halaman. Misalnya, ukuran layar iPhone X seharusnya 5,8 inci, tetapi penggugat mengukur bahwa itu hanya sekitar 5,6875 inci.

Baca juga:

iPhone XS Usung eSIM, Bisa Dipakai di Indonesia?

Para penggugat juga menuduh bahwa ponsel seri iPhone X memiliki resolusi layar lebih rendah daripada yang diiklankan. iPhone X seharusnya memiliki resolusi 2436 x 1125 piksel, tetapi produk tersebut tidak berisi piksel asli dengan subpiksel merah, hijau, dan biru di setiap piksel, sesuai dengan keluhan.

Menurut aduan tersebut, iPhone X diduga hanya memiliki dua subpiksel per piksel, yang kurang dari yang diiklankan. Gugatan itu juga meyakini iPhone 8 Plus memiliki layar berkualitas lebih tinggi daripada iPhone X. Kini, para penggugat sedang mencari status aksi kelas, berdasarkan informasi dari CNET.com (17/12/2018).

Baca juga:

Geng iPhone XS Dijual, Bagaimana Kabar Harga iPhone X?

Ini bukan pertama kalinya Apple dituntut atas produknya. Puluhan pelanggan pada Maret lalu, menggugat perusahaan itu dalam 59 tuntutan hukum terpisah atas tweak perangkat lunak yang menghambat beberapa iPhone lama.

Baca juga:

Begini Antrian Pembeli Pertama iPhone Terbaru

Begitu juga pada bulan Juni, Apple dipukul dengan gugatan lain dengan tuntutan US$ 5 juta karena kerusakan atas layar kecenderungan Apple Watch untuk retak, mudah hancur atau terlepas dari bodi jam. Dengan serangkaian gugatan tersebut, Apple masih enggan mengomentari isu apa pun.