Diramalkan Mati Setahun Lalu, PlayStation 3 Hidup Lebih Lama!

Sony PlayStation 3 (source: Kotaku)

Technologue.id, Jakarta – Pertama kali beredar di pasaran pada tahun 2006 silam, PlayStation 3 karya Sony kini sudah resmi tutup usia alias tidak lagi diproduksi. Penghentian produksi ini sendiri sebenarnya sudah dilakukan pada Desember 2016 lalu karena pihak Sony meramalkan kejayaan PlayStation 3 hanya mencapai angka 10 tahun.

Namun baru di akhir Mei 2017 ini, situs resmi Sony mengabarkan bahwa produk terakhir dari PlayStation 3 sudah resmi diboyong oleh pembeli di Jepang, negara yang merupakan asal-muasal konsol tersebut. Sepintas, kejadian ini cukup lucu, mengingat konsol PlayStation 3 perdana juga dibeli di Jepang.

Sampai di titik ini, Sony patut berbangga diri. Sebab PlayStation 3 miliknya berjaya lebih lama daripada waktu yang diprediksi, yakni hingga 11 tahun. Konsol tersebut juga berhasil survive di tengah bersaing dengan Xbox 360 dari Microsoft.

Hal ini terbilang cukup membanggakan meski hanya selisih satu tahun dari prediksi masa hidupnya. Apalagi sebelum naik daun, perjalanan PlayStation 3 sempat mengalami beberapa rintangan, seperti harganya yang dianggap terlalu mahal.

Namun, Sony harus berterima kasih pada para perancang dan penerbit game yang tetap setia dan memilih PlayStation 3 untuk merilis game mereka secara eksklusif. Beberapa di antaranya ada Incharted, Heavy Rain, The Last of Us, dan Metal Gear Solid 4, sehingga penjualan PlayStation 3 perlahan merangkak menuju angka yang menggembirakan.

Selama 8 tahun berkiprah di dunia game, terhitung ada 80 juta unit PlayStation 3 yang berhasil dijual Sony secara global, sebagaimana dirangkum dari Engadget (30/05/17). Model terlaris dari PlayStation 3 sendiri adalah yang dibekali harddisk 500GB. Model ini telah ludes dilahap oleh masyarakat Amerika Serikat sejak pengirimannya Oktober lalu.

Namun, angka yang tak kalah heroiknya juga berhasil diraih adiknya, PlayStation 4. Konsol tersebut berhasil mencapai angka penjualan lebih dari 60 juta unit sejak dirilis 4 tahun lalu, yakni pada November 2013 hingga April 2017.

 

Baca juga:

Sony Perkenalkan Lini Game Baru PlayStation 4 Greatest Hits

Serunya Bermain Game VR dengan Sony PlayStation Virtual Reality

Ini tanggal rilisnya PlayStation VR

loading...