Duel Kamera 64MP: Redmi Note 8 Pro vs Realme XT

Technologue.id, Jakarta – Di bulan Oktober ini, dua brand ponsel asal Tiongkok, Xiaomi dan Realme, unjuk teknologi kamera terbaru 64 MP di smartphone mereka masing-masing, yaitu Redmi Note 8 Pro dan Realme XT.

Redmi Note 8 Pro resmi diperkenalkan di Indonesia pada 18 Oktober, tak lama kemudian Realme XT debut pada 23 Oktober.

Kedua smartphone ini sama-sama bermain di rentang harga Rp 3 jutaan. Keunggulannya terletak pada sektor kamera, di mana ada empat kamera belakang (Quad camera) yang salah satunya dibekali sensor kamera 64 MP. Sensor 64MP adalah sensor kamera resolusi tertinggi yang pernah ada di smartphone.

Pihak Xiaomi mengklaim Redmi Note 8 Pro menjadi smartphone pertama dengan kamera 64MP yang diperkenalkan di Indonesia. Sementara di sisi lain, Realme memproklamirkan diri telah menjual smartphone pertama dengan kamera 64MP di Indonesia. Karena saat launching, Realme XT sudah bisa langsung dipesan secara pre order melalui Shopee. Berbeda dengan Redmi Note 8 Pro yang harus menunggu sekitar lima hari untuk penjualan online-nya.

Terlepas dari saling klaim, seperti yang diketahui, dengan resolusi tinggi ini pengguna akan bisa mendapatkan foto dengan kualitas yang lebih baik dan lebih detil.

Baca Juga:
Sah, Ini Dia Smartphone 64MP Pertama di Indonesia

Redmi Note 8 Pro (Choiru Rizkia / Technologue.id)

Untuk kamera 64 MP ini, Redmi Note 8 Pro menggunakan sensor ISOCELL Bright GW1 milik Samsung. Sensor 64 MP memiliki ukuran piksel yang sama dengan 48 MP yakni 0.8μm namun 33 persen lebih besar secara keseluruhan.

Alvin Tse, Country Director Xiaomi Indonesia, mengatakan bahwa ukuran sensor yang disematkan pada Redmi Note 8 Pro jauh lebih besar ketimbang komponen kamera yang berukuran 20MP. Tim divisi kamera Xiaomi dikatakan sangat bekerja keras demi menanamkan sensor kamera jumbo ini dalam desain tipis Redmi Note 8 Pro.

“Karena teknologi 64MP ini, ukuran sensor ini lebih besar daripada sensor normal biasanya. Selain itu juga lebih mahal. So, kami punya pekerjaan besar agar sensor ini muat di Redmi Note 8 Pro. Benar-benar challenge yang berhasil kami buat,” pungkas pria yang baru menjabat sebagai Country Director Xiaomi Indonesia.

Hasil foto dari kamera 64 MP bahkan bisa dapat dicetak menjadi foto setinggi 3,26 meter.

Smartphone ini juga menggunakan 1.6μm 4-in-1 Super Pixel untuk mengumpulkan lebih banyak cahaya dalam pemotretan malam hari sehingga dapat menghasilkan foto yang lebih terang.

Sebagai informasi tambahan, Redmi Note 8 Pro ini dibekali dengan chipset Mediatek Helio G90T.

Soal harga Redmi Note 8 Pro dengan RAM 6GB + 64GB seharga Rp 3,1 juta dengan harga perkenalan Rp 3 juta. RAM 6GB + 128GB seharga Rp 3,5 juta dengan harga perkenalan Rp 3,4 juta.

Baca Juga:
Mulai Rp 3 Jutaan, Realme XT Meluncur Boyong Kamera 64MP

realme XT
realme XT

Di kubu seberang, Realme mengusung slogan ’64MP Quad Camera Xpert – realme XT’.

Pengaturan quad camera dapat mengambil foto berukuran 9216 x 6912 dengan resolusi sangat tinggi dan sangat tajam melalui mode Ultra 64MP. Selain itu, pengguna juga bisa mencetak foto berukuran 3,6 m x 2,7 m tanpa mengurangi detail gambar.

Sensor 1/1,72 inchi GW1 64MP ultra-besar hingga 34% lebih besar dari sensor 48MP dan memiliki fitur 4-in-1 intelligent pixel binning, aperture besar f/1,8, dan lensa 6P dengan kemampuan light-gathering yang superior – menghadirkan pengalaman fotografi setingkat flagship di realme XT.

“Setelah memperkenalkan smartphone kamera 48 megapixel tahun ini, akhirnya realme beranjak ke level berbeda. Yaitu melalui kamera 6MP ultra high definition camera,” ujar Chandler Qian, Camera Engineer Realme.

Seluruh kemampuan kamera 64MP ini, kata Chandler, lebih jelas hingga 600 kali lipat dibanding evolusi kamera selama dua dekade ini.

Soal performa, realme XT mengusung chipset Snapdragon 712 AIE, dengan paduan RAM 4/8GB dan memori internal 128GB.

Realme XT mulai dijual seharga Rp 3,999,000 untuk RAM 4GB/128 GB. Sementara model RAM 8 GB/128 GB dijual dengan harga Rp 4,499,000.

Recent Articles

Ada Joker di 11 Aplikasi Android, Bisa Bikin Kantong Jebol

Technologue.id, Jakarta - Tim peneliti dari Check Point baru-baru ini mengumumkan bahwa terdapat malware berbahaya yang tersemat dalam 11 aplikasi android. Malware...

Teknologi 125W SuperVOOC Flash Charge, Bikin Baterai Penuh dalam Hitungan Menit

Technologue.id, Jakarta - Oppo memamerkan teknologi pengisian daya cepat 125W SuperVOOC Flash Charge untuk pertama kalinya. Teknologi ini diklaim memiliki kemampuan mengisi...

Smartfren WOW Concert 2020 Dihelat Virtual di Tiga Negara

Technologue.id, Jakarta - Smartfren kembali akan menggelar WOW Concert di bulan Agustus mendatang. Berbeda dengan konser WOW sebelumnya, kali ini event akan...

Indonesia Jadi Negara Dengan Jumlah Investasi Keamanan Siber Terbesar

Technologue.id, Jakarta - Perusahaan keamanan siber, Palo Alto Networks membeberkan hasil studi terbaru yang mengkaji perilaku dunia bisnis di Asia Tenggara khususnya...

Semua Tentang Free Fire Season 26

Technologue.id, Jakarta - Bulan baru telah dimulai dan itu berarti akan ada Elite Pass baru di Free Fire. Garena akhirnya memutuskan tema sebelumnya,...

Related Stories