Era New Normal: Cara Manfaatkan Aplikasi Video Pendek untuk Perangi Covid-19

Technologue.id, Jakarta – Setelah menjalankan aktivitas #dirumahaja selama tiga bulan penuh, tatanan kehidupan baru (new normal) mulai dijalankan di berbagai negara, termasuk Indonesia. Untuk meningkatkan proteksi diri tatkala kembali beraktivitas di era new normal, pemanfaatan teknologi pada aplikasi video pendek dapat menjadi solusi pencegahan penyebaran Covid-19.

Memahami pentingnya pemahaman untuk selalu berhati-hati di era new normal, platform pembuatan video pendek terkemuka Likee senantiasa memperkaya fitur dalam aplikasi yang dirangkum dalam corner khusus bernama ‘Covid-19’. Menyediakan informasi dan kegiatan positif terkait Covid-19, corner ini disematkan di samping tombol notifikasi, sehingga pengguna dapat dengan mudah menemukan dan mengakses corner sesaat setelah membuka aplikasi.

Dengan memanfaatkan berbagai fitur dan kegiatan positif di corner ‘Covid-19’, pengguna dapat melakukan berbagai inisiatif sebagai cara dan upaya untuk mencegah penyebaran Covid-19 di era new normal. Yuk cek beberapa cara di bawah ini!

  1. Memantau perkembangan kasus secara berkala

Kehati-hatian seyogyanya diiringi dengan alasan serta informasi yang memadai. Dengan memantau perkembangan kasus secara berkala, pengguna tidak hanya meningkatkan kewaspadaan, tetapi juga dapat menjadikan informasi tersebut sebagai landasan dalam mengajak orang di sekitar untuk berkontribusi mencegah penyebaran Covid-19.

Pada corner ‘Covid-19’, Likee menyediakan data terkini seputar perkembangan kasus Covid-19, baik di seluruh dunia maupun di Indonesia secara khusus. Informasi yang dapat ditemukan terdiri dari jumlah kasus, kasus aktif, kasus sembuh, hingga angka kematian. Informasi tersebut juga dilengkapi dengan selisih penambahan kasus yang diperbarui setiap harinya, serta diagram yang merepresentasikan perubahan tersebut.

Tidak hanya data terkini, Likee juga menghadirkan hashtag #KabarCorona pada corner
‘Covid-19’. Hashtag #KabarCorona ini berfungsi untuk menggabungkan informasi yang perlu diketahui perihal Covid-19 yang dikemas dalam format video pendek. Hal ini tidak

hanya membuat pengguna mendapatkan informasi dengan format yang berbeda, tetapi pengguna juga dapat berkontribusi dalam menyuguhkan informasi sambil meningkatkan kreativitas mereka.

  1. Memahami dan menerapkan protokol kesehatan

Setelah berbekal informasi terkini, mengerti cara mengaplikasikan protokol kesehatan adalah langkah selanjutnya. Meski terlihat sederhana, tak jarang protokol ini diremehkan atau bahkan dilupakan, terlebih di era new normal ini. Hal yang perlu diingat adalah pelonggaran aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) bukan berarti risiko tidak ada dan membuat masyarakat menjadi acuh. Sebaliknya, penting bagi masyarakat untuk selalu berhati-hati serta mengindahkan protokol kesehatan sesuai anjuran.

Untuk membantu dan mengingatkan pengguna akan protokol kesehatan di era new normal, Likee menghadirkan berbagai tips yang dirangkum dalam ‘Tips & News’ sebagai bagian dari corner ‘Covid-19’. Dengan format video pendek, pengguna dapat mempelajari protokol kesehatan di sela-sela kegiatan harian dan dapat membagikannya kepada orang lain dengan mudah.

  1. Sebarkan kesadaran cegah Covid-19

Tidak hanya menerapkan protokol kesehatan, mengimbau orang sekitar untuk melakukan hal yang sama juga penting untuk dilakukan karena semua orang harus secara agresif mencegah penyebaran virus corona. Untuk meningkatkan upaya mencegah penyebaran Covid-19, Likee menghadirkan campaign #StopPanikLawanCorona yang juga tersedia di corner ‘Covid-19’. Campaign ini bertujuan untuk mengajak masyarakat agar selalu melindungi diri dan turut mengimbau orang di sekitar mereka untuk melakukan hal yang sama di era new normal ini.

Melalui campaign #StopPanikLawanCorona, Likee bekerja sama dengan dokter dan perawat untuk menyediakan informasi terkait virus corona. Dengan menggunakan video pendek, petugas kesehatan dapat berpartisipasi secara virtual dalam mencegah penyebaran Covid-19 dengan menunjukkan apa saja yang harus dilakukan untuk melindungi diri dari virus dan juga mengajak orang-orang untuk memakai masker mencegah penularan Covid-19 melalui orang lain atau virus yang mandek di tempat-tempat umum, seperti yang disarankan oleh pemerintah.

  1. Suarakan pesan positif diiringi doa

Hal lain yang perlu diperhatikan bukan hanya segala sesuatu tentang pencegahan, tetapi juga dukungan antar sesama, terutama bagi mereka yang sedang berjuang menghadapi Covid-19. Menyadari hal tersebut, Likee menghadirkan challenge #DoaUntukPahlawan yang bertujuan untuk mendoakan para pahlawan medis agar selalu terjaga dan mengajak penggunanya agar tetap mengindahkan protokol kesehatan.

Merupakan bagian dari corner ‘Covid-19’, challenge #DoaUntukPahlawan ini memperkenalkan fitur terbaru Likee bernama ‘Health Hero’. Melalui fitur ‘Health Hero’, para pengguna dapat memakai dan mengganti kostum layaknya tim medis secara virtual dengan melakukan gerakan sesuai instruksi. Untuk berpartisipasi dalam challenge ini, pengguna hanya perlu membuka akun Likee dan mencari tagar #DoaUntukPahlawan. Menggunakan lagu yang diciptakan khusus untuk challenge ini, challenge #DoaUntukPahlawan memungkinkan pengguna untuk berpartisipasi dalam memberikan dukungan kepada tim medis.

“Dengan adanya pelonggaran PSBB dan dimulainya era new normal, kami ingin mengimbau masyarakat untuk tetap selalu berhati-hati dan menjaga protokol kesehatan dengan menghadirkan corner ‘Covid-19’. Melalui corner ini, kami berharap pengguna dapat dengan mudah mengakses informasi terkini terkait Covid-19. Kami juga mengimbau pengguna untuk tetap #dirumahaja saat tidak dalam keadaan yang memaksa untuk keluar rumah, dan saling mengingatkan satu sama lain untuk selalu menjaga kesehatan,” ujar Kelly Zhang, Country Manager of Likee Indonesia.

Selain Covid-19, Likee juga menaruh kepedulian lebih terhadap berita hoax dengan menghadirkan pemberitaan dari media terkemuka di Indonesia dalam aplikasi yang tergabung dalam hashtag #KabarHariIni. Menyediakan berita terkini dalam format video pendek, hashtag ini bertujuan untuk meningkatkan minat pengguna agar senantiasa mencari tahu informasi lebih dalam dari sumber terpercaya untuk meminimalisir penyebaran berita hoax. Selain itu, hashtag #KabarHariIni menyajikan informasi dari berbagai media terkemuka di Indonesia yang sudah bergabung bersama Likee, sehingga memungkinkan pengguna mendapatkan informasi yang terpercaya.

Sebagai platform pembuatan video pendek, Likee menghadirkan wadah bagi pengguna untuk senantiasa menciptakan konten menarik dan engaging. Berkomitmen untuk memberikan kemudahan bagi pengguna agar dapat membuat video menarik dan merekam momen yang mengesankan, Likee juga menduduki peringkat pertama dalam deretan “Top 10 Breakout Apps” menurut laporan App Annie tahun 2019. Selain itu, Likee mendapatkan posisi keenam dalam daftar “Top Apps Overall Worldwide” di Q1 tahun 2020 menurut Sensor Tower. Likee memungkinkan penggunanya untuk mendapatkan pengalaman yang unik, di mana pengguna dapat mengeksplorasi kreativitas, mengekspresikan diri, serta mendapatkan kesempatan untuk berkomunikasi dengan idolanya melalui berbagai challenge. #SaatnyaKamuBersinar dengan wujudkan ide-ide kreatif di Likee!

Recent Articles

Mode 90 FPS PUBG Mobile Eksklusif Hadir di OnePlus

Technologue.id, Jakarta - OnePlus bekerja sama dengan PUBG Mobile untuk tawarkan pemilik OnePlus mode 90 FPS dalam game battle royale yang populer....

35 Tahun Jualan Laptop, Toshiba Putuskan Berhenti

Technologue.id, Jakarta - Toshiba akhirnya memutuskan untuk berhenti memproduksi seri laptop setelah 35 tahun menggeluti bisnis ini. Hal ini ditandai dengan dialihkannya...

Larangan WeChat Bisa Bikin Bisnis iPhone Anjlok

Technologue.id, Jakarta - Perintah eksekutif Presiden Donald Trump yang akan memblokir layanan WeChat di Amerika Serikat dapat berimbas buruk kepada hampir seluruh...

Musim Sepeda, Xiaomi Luncurkan Sepeda Listrik Berkecepatan 25km/jam

Technologue.id, Jakarta - Setelah sebelumnya menghadirkan Qicyle R1 dengan harga selangit yakni Rp 44 jutaan, Xiaomi kini meluncurkan produk sepeda yang lebih...

Fitur Perangsang Produktivitas di Galaxy Note20

Technologue.id, Jakarta - Generasi terbaru Samsung Galaxy Note resmi meluncur pada 5 Agustus lalu lewat gelaran Galaxy Unpacked. Adalah Galaxy Note20 dan...

Related Stories