Technologue.id, Jakarta – Beberapa tahun lalu, resolusi 4K sempat menjadi tren baru di industri smart TV. Dan kini, giliran Xiaomi yang mencoba untuk menciptakan smart TV dengan resolusi dua kali lipat lebih besar dari 4K, yakni 8K.

Baca Juga:
Xiaomi Siapkan Dua Smartphone 5G

Mengutip dari GizmoChina (19/09/19), Xiaomi dikabarkan sudah merencanakan akan meluncurkan smart TV beresolusi 8K pada tanggal 24 September mendatang. Pada acara yang sama, mereka juga akan meluncurkan Mi 9 Pro 5G dan Mi Mix 4 beserta MIUI 11.

Sebagai bagian dari rangkaian acara peluncuran produknya, akun resmi Weibo Mi TV baru-baru ini pun membagikan sebuah poster yang menunjukkan bahwa smart TV 8K buatan Xiaomi siap masuk ke pasar pada pekan depan.

Poster Smart TV 8K Xiaomi (Sumber: GizmoChina.com)
Poster Smart TV 8K Xiaomi (Sumber: GizmoChina.com)

Baca Juga:
Xiaomi Siapkan Smartphone Kamera 108 MP!

Smart TV beresolusi 8K sebenarnya bukan hal yang baru di pasar. Sebelumnya, TCL pernah memperkenalkan produk yang sama, namun hingga saat ini belum dijual secara umum. Di sisi lain, raksasa perangkat elektronik, Samsung dan LG pun sudah sempat meluncurkan TV beresolusi 8K.

Sayangnya, sampai saat ini belum ada smart TV 8K yang terjangkau. Samsung sendiri menjual smart TV 8K dengan kisaran harga retail mencapai US$ 5.000 (atau sekitar Rp 70 juta). Sementara LG, menjualnya dengan harga yang jauh lebih tinggi lagi, yakni US$ 30.000 (atau mencapai Rp 420 juta).