Facebook dan Instagram Dituding Hapus Konten Serangan Israel ke Palestina

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Raksasa media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter dituding telah menyensor, serta menghapus postingan dan tagar terkait ketegangan baru-baru ini di Yerusalem, Palestina.

“Instagram dan induknya, Facebook, telah menyensor postingan yang terkait dengan Sheikh Jarrah setidaknya selama satu hari terakhir,” bunyi keterangan situs web independen Mondoweiss, yang dikhususkan untuk memberi tahu pembaca tentang perkembangan di Israel, Palestina dan kebijakan luar negeri AS terkait, seperti dilansir dari AA.com (8/5/2021).

Mondoweiss juga mengatakan bahwa Instagram menampilkan postingan terbatas dengan tagar #Jerusalem dalam bahasa Inggris dan Arab.

Baca Juga:
SavePalestine Bergema Imbas Serangan Israel ke Masjid Al-Aqsa

Salah satu video yang dihapus dari berita jurnalis Palestina Maha Rezeq adalah tentang Jacob. Video Jacob seorang pemukim Israel mengambil rumah warga Palestina bernama Muna El-Kurd pada tahun 2009 telah dihapus.

“Apa yang saya bagikan adalah rekaman mentah, video, kesaksian orang-orang di lapangan, beberapa sebenarnya berasal dari mulut orang Israel, mulut seorang pemukim, mengapa itu kontroversial? Semuanya sudah jelas, tidak ada darah atau cuplikan gambar yang melanggar standar komunitas,” kata Rezeq.

Berdasarkan Keterangan dari Rezeq kepada Arab News, konten yang dihapus hanya video tentang Syekh Jarrah.

Diketahui juga Facebook telah menghapus total 57 konten yang berhubungan dengan Sheikh Jarrah karena melanggar pedoman komunitas.

Tertanggal 3 Mei 2021, pengguna Instagram Yasmin Dabat mengatakan unggahan dengan taggar #SaveSheikhJarrah telah dihapus tanpa peringatan.

Sementara itu pengguna di Twitter mengkritik perusahaan media sosial karena menyensor konten yang terkait dengan Sheikh Jarrah.

“Twitter memerangi konten Palestina yang mengekspos kejahatan menggusur warga Palestina dari lingkungan Sheikh Jarrah, di Yerusalem,” kata NewPress, menambahkan bahwa akun bahasa Inggrisnya telah ditangguhkan oleh “administrasi Twitter.”

Pengguna lain, #SaveSheikhJarrah, mengatakan di Twitter bahwa Instagram menghapus “seluruh sorotan postingan tentang apa yang terjadi di Palestina.”

Baca Juga:
Waspada Banjir Mention Link Konten Pornografi di Facebook

Aktivis pemukim dan Wakil Walikota Yerusalem yang diduduki Aryeh King tertangkap kamera memberi tahu Muhammad Abu Hummus, seorang aktivis Palestina dari Yerusalem Timur, bahwa “sayang” dia tidak menembak kepalanya.

Warga Palestina di Yerusalem telah memprotes solidaritas dengan penduduk Sheikh Jarrah dalam beberapa hari terakhir yang menyebabkan bentrokan dengan polisi Israel.

Protes datang ketika Pengadilan Pusat Israel di Yerusalem Timur menyetujui keputusan untuk mengusir tujuh keluarga Palestina dari rumah mereka demi pemukim Israel pada awal 2021.

Jumat malam, jumlah orang Palestina yang terluka meningkat menjadi 205 dalam serangan Israel di Masjid Al-Aqsa, Gerbang Damaskus Kota Tua dan lingkungan Sheikh Jarrah di Yerusalem Timur.

Polisi Israel berusaha membubarkan jamaah di dalam area Haram al-Sharif Masjid Al-Aqsa, menggunakan granat kejut dan bom gas.

Polisi menyerang jamaah Muslim di dalam Masjid Al-Aqsa ketika jamaah sedang melakukan tarawih – sholat malam khusus selama bulan suci Ramadhan.

Masjid Al-Aqsa adalah situs tersuci ketiga di dunia bagi umat Islam. Orang Yahudi menyebut daerah itu “Temple Mount,” mengklaim itu adalah situs dari dua kuil Yahudi di zaman kuno.

Israel menduduki Yerusalem Timur, tempat Al-Aqsa berada, selama perang Arab-Israel 1967. Itu mencaplok seluruh kota pada tahun 1980 dalam sebuah tindakan yang tidak pernah diakui oleh komunitas internasional.

- Advertisement -

Latest News

Facebook Temukan Cara Identifikasi Konten Deepfake

Technologue.id, Jakarta - Facebook sukses menemukan cara untuk mengidentifikasi deepfake. Ini dilakukan dengan menggunkan software artificial intelligence (AI). Dilansir...

Peneliti Temukan Malware Baik Hati

Technologue.id, Jakarta - Laporan terbaru dari BleepingComputer dan SophosLab menyebut ada malware unik ditemukan. Berbeda dari malware kebanyakan, malware...

Vivo V21 Siap Rilis di Indonesia, Unggulkan Kamera Selfie 44MP

Technologue.id, Jakarta - Vivo V21 segera melantai di Indonesia. Peluncuran produk terbaru V-Series tersebut akan berlangsung pada tanggal 22 Juni 2021 mendatang.

Viral Gajah Dipaksa Kerja Tarik Kayu, Netizen: Dzalim!

Technologue.id, Jakarta - Video gajah yang bekerja keras menarik potongan kayu viral di media sosial. Video tersebut diunggah dibanyak akun, salah satunya...

Nokia Ramai Dibahas Netizen Twitter

Technologue.id, Jakarta - Nokia mendadak ramai dibicarakan oleh para netizen Twitter . Hal ini lantaran tersebarnya meme berbunyi "Apa merk hp lo...

Related Stories