Facebook Siapkan Helicopter untuk Sebar Internet

Technologue.id, Jakarta – Jika Google punya balon udara untuk menyebarkan jaringan internet ke pelosok-pelosok atau yang disebut dengan project loon, Facebook punya cara lain untuk melakukan hal yang sama.

NextPowerUp (19/04/17) mengabarkan bahwa Facebook sedang mengerjakan sebuah helicopter kecil yang nantinya bisa digunakan untuk menyediakan akses internet, terutama saat keadaan darurat.

Rencana akan penerbangan helicopter yang diberinama Tether-tenna itu baru saja disampaikan oleh pihak Facebook melalui sebuah ajang tahunan, Facebook Developer Conference: F8.

“Ketika sudah rampung, teknologi ini bisa digunakan dan dioperasikan sesegera mungkin untuk jangka waktu berbulan-bulan lamanya,” kata Yael Maguire, salah seorang pemimpin Facebook Connectivity Lab.

Tether-tenna sendiri bisa bekerja dengan cara memanfaatkan jalur fiber dan listrik. Dengan begitu, ia bisa menjangkau area yang hingga ratusan kaki jauhnya.

“Pengembangan teknologi ini masih tahap awal sehingga pekerjaan kami masih banyak, terutama untuk bisa memastikan bahwa perangkat tersebut bisa beroperasi secara otomatis selama berbulan-bulan,” lanjutnya.

 

Baca juga:

Cara Jadikan Facebook Messenger Sekretaris Pribadi Anda

Snapchat Akhirnya ‘Balas Dendam’ ke Facebook

Kesal Sering Dibohongi Pakai Kata ‘OTW’? Facebook Punya Solusinya!