Technologue.id, Jakarta – Fitur AntiHoax instagram yang dapat menyaring konten palsu mendapat keluhan dari seorang fotografer, Toby Harriman. Pasalnya, Instagram menyembunyikan karya fotonya tersebut dan menganggapnya sebagai informasi palsu karena telah diedit dengan Photoshop.

Dilansir dari Hypebae pada Rabu (15/1/2020) Toby mengatakan apa yang dilakukan Instagram sudah terlalu jauh, padahal menurutnya apa yang dilakukan merupakan sebuah seni digital.

“Sepertinya Instagram x Facebook akan mulai menandai foto palsu/seni digital,” ujarnya.

Baca Juga:
Kisah Akun Instagram Dibajak, Minta Transfer Uang

Meskipun Instagram tidak sampai menghapus konten yang diduga palsu, sepertinya pengguna Instagram merasa terganggu dengan kebijakan tersebut. Sebab terdapat pemberitahuan “False Information” yang menghalangi konten.

Toby melanjutkan, “Saya sangat menghargai seni digital dan tidak ingin mengklik sejumlah penghalang untuk melihatnya.”

Selain itu, Toby juga membagikan karya fotonya yang disembunyikan Instagram. Pada foto tersebut, terdapat seorang pria yang sedang berdiri di antara bukit warna-warni.

Baca Juga:
Demi Profit, Startup Oyo PHK Puluhan Ribu Karyawan

Untuk mengetahui postingan mengandung hoax, Instagram menggunakan teknologi image matching yang dapat mendeteksi konten tersebut sebagai informasi palsu. Selain disembunyikan, konten yang diduga palsu juga akan dihapus dari tab Explore dan halaman hashtag.

Instagram memang diketahui sedang gencar-gencarnya melawan konten negatif pada platformnya. Sebelum meluncurkan fitur AntiHoax ini, Instagram juga telah meluncurkan fitur untuk mencegah bullying.