Kisah Akun Instagram Dibajak, Minta Transfer Uang

Technologue.id, Jakarta – Di era digital sekarang ini, ancaman siber selalu mengintai pengguna internet dengan berbagai cara. Baru-baru ini, seorang netizen dengan akun @ILHAMDZIKRULLOH membagikan pengalaman pahitnya menjadi korban kejahatan siber.

Dalam sebuah postingan Twitter, netizen tersebut menulis, “[BISMILLAH SEMOGA BISA JADI PEMBELAJARAN BERSAMA] HATI HATI DENGAN SOSMED KALIAN!! A THREAD…”

@ILHAMDZIKRULLOH menceritakan dirinya menerima Direct Message (DM) Instagram dari akun @Malgesheyan yang memang sahabatnya. Dalam DM tersebut @Malgesheyan meminta untuk memverifikasi e-mail dengan alasan untuk covering gmail miliknya.

Baca Juga:
Mantap!!! ‘Rudal’ Indonesia Trending di Twitter

Karena ingin membantu sahabatnya, @ILHAMDZIKRULLOH mengikuti arahan dari @Malgesheyan. Namun setelah itu, password Instagramnya tiba-tiba terganti. Merasa ada yang tidak beres @ILHAMDZIKRULLOH langsung mengirim pesan ke akun Instagramnya lewat akun kedua namun tidak ada respon.

Tidak hanya akun Instagram, ternyata password gmail juga terganti namun masih bisa direbut kembali. Penasaran, @ILHAMDZIKRULLOH mencoba login kembali dan ternyata email beserta nomor telepon yang terhubung di Instagram miliknya sudah terganti.

Merasa jengkel, @ILHAMDZIKRULLOH menghubungi sahabatnya tersebut dan ternyata sahabatnya juga mengalami hal yang sama. @Malgesheyan bahkan mengalami peretasan lebih dulu yang membuat akunnya Instagramnya dikendalikan oleh orang lain.

Ikhlas akun Instagram miliknya diretas, @ILHAMDZIKRULLOH tidak melanjutkan kasus tersebut. Tidak lama berselang, temannya yang lain memberi kabar telah dimintai uang melalui DM dari akun Instagram miliknya.

Baca Juga:
Viral, WNI di Inggris Masuk Trending Topic Twitter

Setelah mendengar kabar itu, @ILHAMDZIKRULLOH langsung menghubungi sejumlah temannya untuk meminta bantuan dan berhasil merebut akun Instagramnya. Setelah dicek, ternyata banyak sekali orang yang di-DM dan dua orang menjadi korban dengan mentransfer sejumlah uang ke rekening si peretas.

Kasus ini memberi pelajaran jangan pernah memberikan kode verifikasi apapun kepada seseorang bahkan orang terdekat pun harus tetap diwaspadai karena kita tidak pernah tahu maksud dan tujuan sebenarnya.

Postingan tersebut udah diretweet sebanyak 30,4K dan memperoleh like 24.5K. Beberapa netizen juga mengaku pernah mengalami hal yang sama.

Recent Articles

SpongeBob: Patty Pursuit, Kini Hadir di Apple Arcade, Ayo Bantu Selamatkan Bikini Bottom!

Technologue.id, Jakarta - SpongeBob: Patty Pursuit, game yang mirip dengan Super Mario Run, sudah rilis di Apple Arcade minggu ini. Plankton jahat...

Ini Daftar Harga Sony PS4 Jelang Peluncuran PS5

Technologue.id, Jakarta - Peluncuran PlayStation 5 tinggal menghitung bulan. Sudah hukum alam, konsol generasi sebelumnya akan mulai ditinggalkan dan nilai jualnya pun...

Cari Cuan, Samsung Luncurkan Paket Langganan Bulanan Galaxy S20

Technologue.id, Jakarta - Samsung mendorong penjualan smartphone premium Galaxy S20 Series melalui program paket berlangganan baru. Program yang dinamai Samsung Access ini...

Sony Tunda Acara Spesial PlayStation 5, Kenapa?

Technologue.id, Jakarta - Gelaran spesial pada 4 Juni yang membahas PlayStation 5 resmi ditunda. Penundaan ini tidak lepas dari kasus kematian George...

Kualitas Terbaik Streaming Video se-Indonesia Ada di Kota Sorong Papua Barat

Technologue.id, Jakarta - Sudah bukan hal baru, masyarakat Indonesia menggunakan smartphone untuk berselancar di dunia maya. Apalagi di masa pandemi COVID-19 seperti...

Related Stories