Technologue.id, Jakarta – Instagram baru-baru ini meluncurkan fitur yang memudahkan pengguna dalam mengelola akun yang telah diikuti.

Dengan opsi ‘Most shown in feed’ dan ‘Least interacted with‘, pengguna dapat mengatur status dan notifikasi siapa yang akan ditampilkan serta mensenyapkan akun yang tidak bisa diinginkan. Fitur ini juga disebut akan berguna bagi pengguna untuk menyeleksi akun-akun yang mereka ikuti.

Dikutip dari The Verge (8/2/2020), Instagram mengatakan, “Instagram benar-benar membawamu lebih dekat dengan orang-orang dan hal-hal yang Kamu pedulikan, tetapi kami tahu bahwa seiring waktu, minat dan hubunganmu dapat berkembang dan berubah.Kami ingin membuatnya lebih mudah untuk mengelola akun yang Kamu ikuti di Instagram sehingga mereka mewakili koneksi dan minatmu saat ini.”

Baca Juga:
Berumur 15 Tahun, Google Maps Punya Logo dan Fitur Baru

Untuk dapat menggunakan fitur tersebut, pengguna diharuskan menuju kolom akun mereka. Setelah itu, ketuk opsi following yang akan menampilkan menu bar baru di posisi paling kanan dari deretan profil pengguna.

Pada menu tersebut pengguna akan disuguhi dua opsi ‘Most shown in feed’ dan ‘Least interacted with’, dua opsi tersebut memperlihatkan daftar-daftar akun yang ada dimasing-masing kategori tersebut.

Baca Juga:
5 Gadget ini Bisa Jadi Ide buat Hadiah Valentine

Untuk opsi ‘Most shown in feed’, akan menampilkan akun-akun resmi, bukan akun pribadi milik seseorang. Ada pula pilihan untuk tidak mengikuti akun-akun tersebut. Sedangkan pada opsi ‘Least interacted with ‘akan menunjukan daftar akun-akun Instagram yang pengguna ikuti tapi jarang berinteraksi dengannya.

Pengguna juga dapat mengurutkan daftar akun yang diikuti berdasarkan tanggal pengguna mengikuti akun mereka. Bisa juga untuk mengurutkan berdasarkan tanggal mengikuti paling awal hingga terbaru, atau sebaliknya, sehingga dapat mencari tahu akun siapa yang diikuti pertama kali saat membuat akun Instagram.