Fitur Baru Instagram Siap Lawan Perundungan Online

Technologue.id, Jakarta – Aksi perundungan online atay cyberbullying di media sosial semakin marak. Instagram meluncurkan fitur bernama Batasi (atau Restrict) yang berfungsi untuk melindungi masyarakat Indonesia dari komentar dan pesan bersifat negatif di platform berbagai foto dan video tersebut.

“Bullying adalah isu yang kompleks, dan kami tahu anak remaja kerap menghadapi isu ini di dunia maya tapi mereka kadang merasa ‘sungkan’ untuk melaporkan atau memblokir teman yang mengolok-olok mereka. Fitur Batasi didesain untuk membatasi interaksi negatif di Instagram tanpa harus diketahui oleh orang tersebut,” kata juru bicara Instagram, dalam keterangan resmi yang diterima Technologue.id, Kamis (3/10).

Baca Juga:
Instagram Ajak Pengguna Pamer Karya Lewat Filter Augmented Reality

Setelah fitur Batasi diaktifkan, komentar dari orang yang telah Anda batasi secara otomatis hanya akan bisa dilihat oleh orang tersebut. Anda, pengikut Anda, dan orang-orang lainnya tidak bisa melihat komen tersebut.

Jika Anda merasa penasaran, Instagram tetap memberikan opsi untuk Anda melihat isi komen tersebut dengan mengetuk pilihan “Lihat Komentar”. Kemudian, Anda memiliki kontrol untuk menyetujui komentar tersebut untuk bisa dilihat semua orang, menghapus komentar tersebut, atau mengacuhkannya.

Tak hanya untuk komentar, fitur Batasi juga diaplikasikan di Direct Message (DM).

Saat Anda membatasi seseorang di Instagram, pesan yang dikirim oleh orang tersebut akan secara otomatis berpindah ke Message Request, dan saat Anda membaca pesan dari mereka, tidak akan ada tulisan “Seen” seperti pada biasanya.

Baca Juga:
Instagram Tindak Tegas Akun Berbau Negatif

Orang yang telah Anda batasi juga tidak bisa melihat kapan Anda aktif di Instagram (“Active now”) dan Anda tidak akan menerima notifikasi untuk interaksi dari akun-akun yang telah Anda batasi.

Baru-baru ini, Instagram juga telah menambahkan stiker baru di Instagram Stories yang diberi judul “Create Don’t Hate” sebagai ajakan Instagram untuk bersama-sama membangun dan menjaga ekosistem Instagram yang senantiasa positif dan bebas dari bullying.

Anda dapat mengaktifkan fitur Batasi dengan menggeser kiri pada komentar negatif yang ditinggalkan orang tersebut atau dengan memilih opsi “Restrict/Batasi” langsung di profil akun mereka. Untuk mengubahnya, Anda tinggal memilih “Unrestrict/Batal Batasi”.

Recent Articles

Lima Senjata Teburuk di Free Fire

Technologue.id, Jakarta - Tidak semua senjata diciptakan sama di Garena Free Fire. Ada yang lebih baik daripada yang lain. Kali ini, Technologue...

XL Axiata Perkuat Jaringan di Tol Penopang Ibu Kota Baru

Technologue.id, Jakarta - Sebanyak 190 BTS XL Axiata telah beroperasi di Tol Balikpapan – Samarinda (Tol Balsam) yang membentang sejauh 99,35 km....

ASUS ROG Phone 3 Meluncur 22 Juli

Technologue.id, Jakarta - ASUS akhirnya mengkonfirmasi peluncuran ponsel terbaru ROG Phone 3. Ponsel gaming ganerasi teranyar ini akan hadir di tiga negara...

Semua Hal yang Perlu Diketahui Tentang Pascals Wager

Technologue.id, Jakarta - Ketika Pascal's Wager pertama kali diluncurkan di AppStore pada Januari, pengguna Apple disuguhi ARPG 3D yang paling menantang.

Samsung Galaxy Note 20 Ultra Bocor, Ini Penampakannya

Technologue.id, Jakarta - Samsung tak sengaja memamekan seri flagship terbarunya, Galaxy Note 20 Ultra dalam situs resmi perusahaan versi Rusia. Kebocoran ini...

Related Stories