Technologue.id, Jakarta - Tokopedia dan ShopTokopedia ikut merayakan Hari Pahlawan 2024 dengan menghadirkan berbagai kampanye dan fitur, termasuk melalui live streaming, yang tersedia pada platform ShopTokopedia di aplikasi TikTok.
Menurut riset 'Indonesia E-commerce Trends 2023' yang berfokus pada tren konsumen pada semester II 2023, sebanyak 87% responden mengaku pernah menonton live streaming dan 77% dari responden melakukan transaksi via fitur live streaming.
"Melihat tingginya antusiasme masyarakat Indonesia terhadap live streaming, maka semakin besar pula peluang yang bisa dimanfaatkan pelaku usaha lokal, termasuk UMKM, sekaligus menjadi pahlawan yang menggerakkan perekonomian negara,” ujar Aditia Grasio Nelwan, Head of Communications Tokopedia and TikTok E-commerce, saat konferensi pers secara online, Jumat (8/11/2024).
Baca Juga:
Tokopedia dan ShopTokopedia Cetak Peluang Pelaku Usaha dan Kreator Muda
Tokopedia dan ShopTokopedia menyediakan berbagai materi edukasi yang relevan serta webinar seputar live shopping yang dapat ditemukan secara gratis di Pusat Edukasi Seller Tokopedia dan ShopTokopedia Academy.
Agar setiap pelaku usaha berhasil memberi pengalaman belanja yang lebih interaktif, serta meningkatkan transaksi melalui fitur live streaming, penjual harus memastikan bahwa akun TikTok yang dimiliki telah menjadi Akun Resmi Toko (ShopTokopedia) tanpa syarat jumlah pengikut minimum.
"Selain dapat memberikan pengalaman belanja yang lebih interaktif dan menghibur bagi pelanggan lewat ShopTokopedia, fitur live streaming dapat dimanfaatkan menjadi salah satu strategi pemasaran oleh penjual dari berbagai kategori, mulai dari Kecantikan, Fashion, Olahraga, Makanan dan Minuman, Elektronik dan masih banyak lagi,” ucap Aditia.
Aditia menambahkan, "Terjadinya pertumbuhan jumlah penjual dan transaksi belanja online, turut didukung pula oleh fitur live streaming di ShopTokopedia. Buktinya, sebanyak 60% konten promosi di TikTok dukung produk lokal di ShopTokopedia. Bahkan, pelaku usaha yang melakukan live shopping di ShopTokopedia rata-rata mengalami kenaikan penjualan 7 kali lipat jika dibandingkan dengan penjual lainnya yang tidak melakukan live shopping."
Selama kuartal III 2024, lima kategori terlaris saat live streaming, yaitu Kecantikan dan Perawatan Tubuh, Fesyen Perempuan, Muslim Fashion, Fesyen Pria, serta HP dan Elektronik.
Baca Juga:
Tokopedia dan Shopee Ramai-Ramai Gencarkan Potensi Produk Lokal
Salah satu pelaku usaha yang turut memperoleh dampak penjualan dari fitur live streaming ini adalah Emak CW. Kehadiran ShopTokopedia di aplikasi TikTok turut dimanfaatkan Emak CW untuk menarik audiens.
Menurut pemiliknya bernama Indiana, rata-rata setiap kali live streaming selama 1-2 jam, Emak CW bisa mendapatkan hingga ribuan orderan lewat ShopTokopedia.
Lewat omzet yang diperoleh, Emak CW kini mempekerjakan lebih dari 45 karyawan yang mayoritasnya anak muda dan berasal dari berbagai latar belakang, termasuk keluarga broken home.
Selain itu, Emak CW juga memiliki beberapa program untuk memberdayakan karyawan termasuk pelatihan kepemimpinan, kuliah, hingga mampu membuat dapur yang sebelumnya kecil, menjadi lebih baik lagi demi karyawan tetap nyaman bekerja.