Technologue.id, Jakarta – Asisten pribadi buatan Google, Google Assistant selama ini bisa dijumpai pada berbagai perangkat Android. Dan belum lama ini, ia sudah merambah ke sebuah speaker pintar bernama Google Home. Lalu sekarang, mulai masuk ke kendaraan roda empat.

Mengutip dari TheVerge.com (08/01/2018), pada ajang CES 2018, Google sudah mendeklarasikan kalau Google Assistant saat ini sudah mendukung platform Android Auto. Ini artinya, pengendara bisa memanfaatkan asistem pribadi tersebut saat sedang berkendara.

Baca juga:

Kala Google Gerah Diporoti Warga Mountain View, California

Android Auto sendiri merupakan sebuah platform berbasis Android yang bisa dipasang ke sebuah head unit pada mobil. Dengan begitu, smartphone Android pun bisa terkoneksi secara seamless dengan head unit tersebut. Dengan begitu, pengendara tak perlu membuka smartphone ketika sedang mengendarai mobil.

Baca juga:

Lagi-lagi, Proyek Ambisius Google Mangkrak!

Hadirnya Google Assistant pada Android Auto ini memungkinkan pengendara untuk memberikan berbagai perintah hanya dengan berbicara. Contohnya adalah untuk menyalakan lampu di rumah ketika Anda sudah dekat dengan lokasi, atau memutarkan musik-musik kesukaan tanpa harus menyusul playlist.

Baca juga:

Google: 3 Miliar Lebih Akun Netizen Dalam Bahaya!

Fungsi lainnya yang cukup bermanfaat, pengendara dapat memesan tempat parkir pada sebuah tempat yang sudah terintegrasi dengan Internet of Things (IoT), dan memesan segelas kopi Starbuck hanya dengan berbicara kepada Google.