Technologue.id, Jakarta – Saat ini, Google termasuk perusahaan tersukses dalam skala global. Kekuatan kapital mereka pun tak diragukan lagi. Perusahaan induk mereka, Alphabet Inc., bisa menggemas revenue sebanyak Rp397 triliun dengan net income Rp96 triliun pada Q3 2017 saja.

Dengan kekuatan kapital sekuat itu, menjadi wajar jika Google punya inisiatif yang baik untuk sekitarnya, misalnya dengan mempromosikan hidup sehat sekaligus mengurangi polusi udara. Ya, sejak 2007, Google telah menginisiasi program penyediaan sepeda di campus-nya. Inisiatif tersebut dimasifkan lagi di tahun 2015 dengan menyediakan lebih banyak Gbikes guna membuat Mountain View, California, menjadi kota ramah pesepeda.

Baca juga:

Lagi, Google Bajak Karyawan Apple, Mau Bikin Apa Sih Mereka?

Tak tanggung-tanggung, lewat program itu, Google pun memberikan dana hibah sebesar Rp71 miliaran untuk meminjamkan sepeda-sepeda pada penduduk kota tersebut. Selain rakyat biasa termasuk pegawai perusahaan teknologi kompetitor Google di sana, Walikota Mountain View, Ken Rosenberg, pun pernah menggunakan sepea itu setelah meeting di campus Google.

Sayangnya, sebagian warga Mountain View tidak sadar bahwa Google sebenarnya menyediakan Gbikes tersebut untuk publik. Mengutip BusinessInsider.com (06/01/2018), setiap minggunya sepeda hibah dari Google itu hilang sekitar 100 sampai 250 unit. Dicurigai, oknum-oknum warga memakai sepeda itu tak mengembalikannya lagi ke ruang publik untuk dimanfaatkan oleh umum.

Baca juga:

Google: 3 Miliar Lebih Akun Netizen Dalam Bahaya!

Akhirnya, Google belakangan telah mempekerjakan sebuah tim yang terdiri dari 30 orang dan 5 van untuk mengambil kembali Gbikes mereka. Bahkan, Google dilaporkan juga tengah mencoba GPS tracker untuk sepeda-sepedanya dan gembok khusus yang cuma bisa dibuka oleh pegawai Google lewat ponselnya.

Baca juga:

Lagi-lagi, Proyek Ambisius Google Mangkrak!

Ada-ada saja ya tingkah orang-orang ini.