Google Chrome Bisa Tampilkan Subtitle Video

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Google mengumumkan fitur aksesibilitas baru di Chrome yang ditargetkan untuk penderita Tunarungu dan gangguan pendengaran, yang disebut Live Caption. Sesuai namanya, fitur ini mampu menampilkan teks kalimat (subtitle) yang diucapkan oleh seseorang dalam video secara real time.

Google merinci kemampuan fitur tersebut dalam blog yang ditulis oleh Emily Scharff, Manajer Produk Aksesibilitas Chrome & ChromeOS, dan Madan Kompalli, Product Manager of Speech, yang dipublikasikan pada Kamis, 18 Maret 2021.

Google mengatakan bahwa Live Caption akan berfungsi di seluruh situs sosial dan video, konten podcast dan radio, perpustakaan video pribadi (seperti Google Photos), embedded video players, dan sebagian besar layanan obrolan video atau audio berbasis web.

Baca Juga:
Fitur Grup Tab Google Chrome Kini Hadir di Desktop

Fitur ini bekerja dengan cara mengenali suara dalam video, kemudian mengubahnya menjadi format teks yang ditampilkan di layar secara langsung. Live Caption mirip seperti subtitle dalam film, hanya saja teks yang ditampilkan dibuat secara real time, berdasarkan apa yang diucapkan orang yang ada di dalam video tersebut.

Raksasa teknologi asal Negeri Paman Sam itu memadukan kecerdasan buatan (AI) dan machine learning untuk menciptakan solusi teknologi tersebut. Teks akan dimunculkan lewat jendela pop-up kecil di bagian bawah video. Pengguna juga bisa mengatur ukuran teks yang akan ditampilkan.

Fitur Live Caption masih berfungsi sekalipun Anda mematikan suara dari video yang sedang diputar.

Untuk mengaktifkan fitur ini, Anda cukup mengakses pengaturan aplikasi dengan cara menjumpai menu Settings, lalu scroll ke bagian Advanced, dan pilih opsi Accessibility. Di sana akan muncul toggle Live Caption dan Anda bisa langsung menggeser ke kanan untuk mengaktifkannya.

Baca Juga:
Google Chrome Segera Hadirkan Fitur Scrolling Tabs, Ini Kegunaannya

Fitur Live Caption sudah bisa dicoba oleh pengguna aplikasi Google Chrome Android versi 89.0.4389.90 maupun versi desktop. Fitur ini sementara baru bisa menampilkan teks dari kalimat berbahasa Inggris. Ke depannya, Google berencana akan menambah dukungan untuk bahasa lainnya, termasuk Bahasa Indonesia.

Untuk menggunakan fitur Live Caption, Anda harus memperbarui aplikasi Google Chrome ke versi 89 lewat toko Google Play Store.

Saat ini sudah tersedia di seluruh dunia pada versi browser untuk Windows, Mac, dan Linux. Dukungan ChromeOS akan segera hadir.

- Advertisement -

Latest News

Related Stories