Technologue.id, Jakarta – Google Earth selama ini sering digunakan untuk mengetahui berbagai informasi tentang sumber daya alam yang terbentang di seluruh dunia dalam bentuk globe 3D. Kini, ia memiliki fitur baru yang cukup bermanfaat.

Mengutip dari TheVerge.com (25/06/2018), Google dilaporkan sudah menyematkan sebuah pengukuran baru pada Google Earth. Hal ini memungkinkan pengguna untuk mengukur jarak antar titik. Bahkan tak cuma itu, luas area pun bisa diukur dengan mudah.

Baca juga:

Google “Ceraikan” Uber dari Aplikasi Maps

“Salah satu fitur yang paling banyak ditunggu-tunggu oleh pengguna Google Earth adalah kemampuan untuk mengukur sebuah jarak dan area. Jadi, kini kami menghadirkan Measure Tool untuk Google Earth,” jelas Google.

- Advertisement -

Baca juga:

Google Hadiahkan Rp1 Miliar Lebih ke Anak SD Ini, Ada Apa?

Tak peduli seberapa jauh jaraknya, Measure Tool dapat mengukurnya walaupun terbentang dari ujung kutub utara hingga kutub selatan. Bahkan, apa pun bentuk dan objeknya, ia bisa melakukan pengukuran dengan tepat, seperti bangunan, taman, bahkan sebuah negara.

Baca juga:

Ini Saran Eks CEO Microsoft untuk Facebook dan Google, Setujukah Anda?

“Apakah Anda pernah bertanya-tanya, seberapa jauh kampung halaman Anda dari Kutub Utara? Atau mungkin, Anda hanya ingin mengukur seberapa tinggi pendakian yang baru saja Anda selesaikan? Itu semua bisa dijawab oleh Google Earth,” lanjut pernyataan Google.

Measure tool pada Google Earth sendiri kini sudah tersedia pada platform Android dan Google Chrome. Sementara untuk iOS baru akan menyusul di kemudian hari.