Technologue.id, Jakarta – Semakin banyak pengguna pada sebuah aplikiasi, semakin cerdas aplikasi tersebut untuk bisa mempelajari kebiasaan pengguna dan hal-hal baru. Hal tersebut dimungkinkan berkat adanya machine learning yang tertanam. Dan itu juga terjadi pada aplikasi Google Lens.

Baca juga:

Donald Trump Hiasi Hasil Pencarian Gambar “Idiot”, Ini Alasan CEO Google

Mengutip dari TheVerge (19/12/2018), baru-baru ini Google mengumumkan bahwa aplikasi Google Lens sudah bisa mengenali lebih dari satu miliar objek yang tersebar di seluruh dunia. Ini merupakan perkembangan yang cukup signifikan, mengingat pada saat diluncurkan tahun lalu, ia baru bisa mengenali 250 ribu objek.

Baca juga:

2018, Netizen Indonesia Cari Topik Apa Saja di Google?

Untuk bisa meningkatkan kemampuan Google Lens dalam mengenali objek, Google melakukan pengembangan pada recognition engine dalam membaca lebih banyak lagi label yang tertera pada sebuah produk. Dengan begitu, aplikasi tersebut pun bisa menentukan sebuah nama pada berbagai macam jenis barang.

Baca juga:

Medsos Sakaratul Maut Ini Diserang Hacker, 52 Juta Pengguna Terancam

Tak cuma dari sisi internal, pengembangan tersebut juga berasal dari semakin banyaknya data yang terkumpul dari masukkan dan foto produk yang diambil dari smartphone penggunanya.

Bahkan, kini Google Lens tidak hanya bisa mengenali sebuah barang atau produk, tetapi juga dapat mengenali wajah orang, nama jaringan Wi-Fi, dan bentuk-bentuk geometris. Dan ke depannya, akan semakin banyak lagi kategori objek yang bisa dikenali.