Technologue.id, Jakarta – Seperti tahun-tahun sebelumnya, menjelang akhir tahun, Google Indonesia merilis daftar Year In Search 2018 berisi sederet pencarian terpopuler di Tanah Air sepanjang tahun ini.

Ada yang berbeda di tahun ini. Raksasa teknologi asal Amerika Serikat itu menambah jumlah daftar Trending Search dari semula sepuluh kini menjadi lima belas topik penelusuran. Namun sebaliknya, ada penurunan jumlah kategori pencarian paling trending, dari sebelumnya delapan menjadi enam kategori.

“Ada permintaan minta tema apa saja yang trending di Indonesia kita bikin Top 15 Trending Search. Agar lebih banyak lagi warna-warninya dan perubahan dari tahun ke tahun seperti apa. Kategori-kategorinya juga ada berubah dari tahun karena kita juga melihat tren di tiap tahunnya,” ujar Mira Sumanti, Search Marketing Manager Google Indonesia, saat mengumumkan Year In Search 2018, di Jakarta, Kamis (13/12/2018).

Baca juga:

Medsos Sakaratul Maut Ini Diserang Hacker, 52 Juta Pengguna Terancam

- Advertisement -

Year In Search 2018 meliputi pencarian peristiwa, tokoh, atau berita oleh netizen Indonesia yang menciptakan tren penelusuran tertinggi di mesin pencari Google.

Year In Search 2018 di Indonesia didominasi oleh konten berbau lokal. Dijelaskan Mira, minat warganet terhadap konten lokal dari artis lokal terus meningkat. Hal ini bisa dilihat dari hasil tren penelusuran di beberapa kategori, bahwa banyak kreator YouTube, musisi, penulis, dan sineas yang menginspirasi masyarakat Indonesia dengan karya-karya mereka.

Daftar pencarian Google terpopuler di Indonesia sepanjang 2018 sebagai berikut:
1. Piala Dunia Russia 2018
2. Asian Games 2018
3. Piala AFF 2018
4. Karna Su Sayang
5. Nissa Sabyan
6. Deen Assalam
7. Meraih Bintang – Via Vallen
8. Lagi Syantik – Siti Badriah
9. Bukti – Virgoun
10. Liga 1 Indonesia 2018
11. AFC Champions League
12. Indonesian Idol
13. Liga Champion 2018
14. Dilan 1990
15. Piala Presiden 2018

Baca juga:

Free Fire Indonesia Rengkuh Penghargaan Google Play User’s Game Choice 2018

Selain Pencarian Terpopuler, ada enam kategori lain yang dibagi-bagi berdasarkan tema, seperti Film, Lagu, Selebriti, Peristiwa Nasional, Tokoh, dan Peristiwa Hiburan. Dalam merilis laporan tahun ini, ada dua metodologi yang digunakan oleh Google dalam menentukan pencarian terpopuler.

Pertama adalah mengambil data dari Google Search Trends yang menimbulkan lonjakan sangat tinggi di trafik search engine dalam waktu singkat, misalnya salah satu lagu ‘Karena Su Sayang’ yang viral pertama kali di YouTube.

Kriteria kedua adalah internal tools pencarian yang konsisten menimbulkan ketertarikan di kalangan netizen sepanjang Januari hingga November 2018.

Baca juga:

Tik Tok Sabet Gelar Aplikasi Terbaik di Play Store

Mira menegaskan, daftar ini tidak disusun berdasarkan tingkat popularitas hasil penelusuran namun mengacu pada peningkatan pencarian suatu topik dibanding periode sebelumnya.

“Year In Search menggunakan kategori yang kita sebut paling trending dibandingkan paling banyak. Karena ‘paling banyak’ itu tidak terlalu representatif terhadap spirit zaman sekarang. Tapi kalau kita bicara trending, itu adalah penelusuran yang peningkatan pencariannya paling tinggi dibandingkan tahun sebelumnya. Itu sangat representatif karena menunjukkan animo masyarakat tahun ini,” ungkapnya.