Google Perketat Perizinan Aplikasi Akses SMS dan Call Log

Technologue.id, Jakarta – Pengguna ponsel berbasis Android sedianya harus mulai hati-hati dalam mengunduh setiap aplikasi. Terutama, saat aplikasi yang diunduh kemudian diinstal dalam perangkat ponsel, dan meminta izin untuk mengakses ponsel yang dimiliki.

Dalam banyak contoh, aplikasi-aplikasi dalam Playstore yang diunduh dan diinstal, kerap meminta izin untuk mengakses kontak, SMS, penyimpanan file di ponsel bahkan meminta izin untuk mengakses mikrofon bahkan kamera.

Hal ini terasa janggal mengingat aplikasi itu tidak lazim untuk meminta akses data pribadi tersebut.

Baca Juga:
Aplikasi Android Messages Kini Bisa Tangkal Spam

Dilansir Ubergizmo, Rabu (16/1/2019), Google akan mulai menghapus aplikasi yang tidak disetujui yang meminta izin untuk log panggilan (call logs) atau SMS. Tindakan ini bakal bergulir mulai pekan depan.

Bukan berarti Google akan melarang semua aplikasi yang memerlukan izin ini, melainkan aplikasi yang memang membutuhkan akses ke log panggilan Anda dan SMS harus disetujui oleh Google terlebih dahulu.

Baca Juga:
Ini Cara Memberantas Iklan Peninggi Badan yang Mengganggu di Instagram

Dengan aturan baru ini, raksasa teknologi itu ingin memastikan bahwa siapa pun yang meminta izin untuk fitur-fitur ini, menggunakannya untuk alasan yang tepat. Sehingga, tidak memata-matai atau mencuri informasi pengguna, atau menjualnya untuk tujuan pemasaran.

Google akan memberi para developer waktu 90 hari untuk memperbarui aplikasi mereka untuk mematuhi kebijakan baru ini. Jika melanggar, mereka berisiko dihapus dari Play Store.

Recent Articles

Karyawan Outsourcing Bobol Data Denny Siregar, Kok Bisa?

Technologue.id, Jakarta - Media sosial dihebohkan dengan tertangkapnya pelaku pembobol data pribadi Denny Siregar yang merupakan karyawan outsourcing Telkomsel. Tanda tanya besar...

Terancam Digugat Rp 15 Triliun, Telkomsel: Silahkan Saja

Technologue.id, Jakarta - Kasus kebocoran data Denny Siregar membuat Telkomsel harus menelan pil pahit lantaran akan digugat senilai Rp 15 triliun rupiah.

PUBG Mobile Luncurkan Peta Livik untuk Pertempuran Gesit dan Epik

Technologue.id, Jakarta - PUBG Mobile bakal luncurkan peta baru yang dirancang khusus untuk pertandingan kecil dan cepat. Peta Livik membentang dua kilometer dan...

Data Pelanggan Bocor, Telkomsel Janji Berbenah

Technologue.id, Jakarta - Telkomsel secara resmi menyatakan komitmennya dalam menjaga keamanan data pelanggan. Anak perusahaan Telkom Group tersebut mengaku akan berbenah agar...

Kisah Hidup Karakter Antonio dari Free Fire

Technologue.id, Jakarta - Free Fire adalah game mobile battle royale paling populer di dunia saat ini. Game ini memiliki sistem karakter yang...

Related Stories