Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Google Perluas Dukungan Sistem Alarm Gempa, Kini Tersedia di India
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Google akhirnya hadirkan Android Earthquake Alerts System atau sistem peringatan gempa di India. Sistem ini sebenarnya sudah ada beberapa tahun lalu, namun India merupakan negara terbaru yang mendapatkan fitur ini.

Android Earthquake Alerts System ini merupakan sistem yang memungkinkan pengguna mencapai tempat aman sebelum gempa benar-benar melanda bagian lainnya.

Baca Juga:
Saingi iPhone 15, Samsung Siapkan Peluncuran Galaxy S24 Tahun Depan

Google telah bekerja sama dengan National Disaster Management Authority (NDMA) dan National Seismology Center (NSC) agar sistem ini dapat berfungsi di negara dengan aktivitas tektonik yang tinggi.

Untuk memanfaatkan sistem ini, pengguna harus memiliki koneksi internet dan lokasi di perangkat harus aktif. Pengguna juga harus mengaktifkan tombol Android Earthquake Alerts untuk mendapatkan notifikasi.

Baca Juga:
Indonesia Masih Berkutat di Jaringan 5G, Korea Selatan Justru Siap dengan 6G

Cara kerja sistem ini memiliki dua peringatan berbeda tergantung pada tingkat keparahan gempa. Jika gempa memiliki aktivitas seismik 3-4 akan dikategorikan ke dalam peringatan 'waspada' yang akan menampilkan peringatan di layar, namun tidak akan berdering jika mode senyap atau mode jangan ganggu diaktifkan.

Namun jika gempa memiliki magnitudo lebih dari 4,5 akan menampilkan peringatan dan mengeluarkan suara keras, meskipun jika dalam mode senyap atau mode jangan ganggu.

SHARE:

Saingi Apple Watch, Samsung Tingkatkan Kemampuan Baterai Galaxy Watch X

WhatsApp Perpanjang Durasi Posting Voice Note di Status