Hacker Pakai Jutaan Akun Facebook Curiannya untuk Bobol Medsos Lain?

Technologue.id, Jakarta – Akhir September lalu, Facebook kebobolan. Sebanyak 50 juta atau lebih akun penggunanya diretas pihak tak bertanggung jawab. Walaupun saat itu Facebook mengklaim telah mengambil langkah pencegahan terhadap 40 juta user lain dan menonaktifkan fitur “View As” yang dijadikan celah untuk masuknya peretas, pekerjaan mereka tampaknya belum usai.

Baca juga:

Facebook Kena Hack, 50 Juta Akun Pengguna Dijebol

Pasalnya, ada kabar burung bahwa si hacker telah masuk ke aplikasi dan layanan online lain memanfaatkan jutaan akun Facebook yang telah dicurinya itu. Beberapa layanan pihak ketiga yang kabarnya bisa dibobol menggunakan layanan login dari Facebook ini antara lain: Tinder, Spotify, dan Airbnb.

Baca juga:

Facebook Akui Manfaatkan Nomor Ponsel Pengguna untuk Iklan

Namun, Guy Rosen segera membantah isu ini. Petinggi Facebook itu menjelaskan lewat pernyataan resmi bahwa tidak ditemukan adanya penggunaan “access token” Facebook ke platform third-party seperti rumor yang beredar.

“Kami menganalisis log kami untuk semua aplikasi pihak ketiga yang dipasang atau masuk selama serangan yang kami temukan minggu lalu. Investigasi itu sejauh ini tidak menemukan bukti bahwa penyerang mengakses aplikasi apa pun menggunakan login Facebook,” jelas pria menjabat sebagai VP of Product Management Facebook itu (02/10/2018).

Baca juga:

Selain Instagram, Ini 6 Akuisisi Vital Facebook

Rosen mewakili Facebook juga menyatakan permintaan maafnya karena memberikan celah keamanan di platformnya. Sayangnya, media sosial dengan pengguna lebih dari 2 miliar sedunia itu belum turut menginformasikan siapa di balik serangan siber ini, berikut motif dan jenis data apa yang diambil.

Recent Articles

Instagram Hadirkan Fitur Pinned Comments, Bisa Tandain Komen Si Tersayang

Technologue.id, Jakarta - Instagram baru saja meluncurkan fitur terbaru "Pinned Comments". Fitur ini memungkinkan pengguna menyematkan tiga komentar teratas di postingan mereka.

Bocoran Call of Duty Mobile Season 8

Technologue.id, Jakarta - Minggu ini adalah saat-saat terakhir Call of Duty Mobile Season 7. Season 8 ini jelas bikin para pemain Call...

Ini Deretan Aksesori dan Games yang Siap Digandeng dengan PlayStation 5

Technologue.id, Jakarta - Tak lama lagi, Sony PlayStation (PS) 5 akan segera dirilis. Sebelum dirilis, beberapa e-commerce di India justru sudah mempublikasikan...

Digelar Virtual, Samsung Galaxy Unpacked 2020 Siap Pajang Sederet Produk Primadona

Technolpgue.id, Jakarta - Samsung telah mengkonfirmasi bahwa gelaran Galaxy Unpacked akan berlangsung pada 5 Agustus mendatang. Seperti diketahui, pandemi virus Corona yang...

Data Denny Siregar Bocor, Telkomsel Lapor ke Polisi

Technologue.id, Jakarta - Telkomsel akhirnya buka suara terkait dugaan kebocoran data pribadi yang dialami pelanggannya, Denny Siregar. Anak usaha Telkom ini menyebut...

Related Stories