Hal-hal Baru di Windows 11

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Microsoft akan mengungkap versi Windows berikutnya pada 24 Juni, yang akan disebut Windows 11. Raksasa perangkat lunak itu telah menyatakan bahwa Windows 10 akan menjadi “versi terakhir” dari sistem operasi paling umum di dunia.

Dikutip dari TomsGuide (21/6/2021), Chief Product Officer Microsoft, Panos Panay, memposting teaser acara yang paling ditunggu itu di Twitter pribadinya, yang mengisyaratkan nomor 11 dalam animasi. Hal ini perkuat oleh Microsoft setelah baru-baru ini memposting video 11 menit di YouTube yang menampilkan suara Windows 11 yang baru.

Dalam bocoran yang sudah beredar, terlihat tampilan dan berbagai hal baru dari sistem operasi tersebut. Berikut hal-hal baru yang ada di Windows 11:

Baca Juga:
Intip Tampang Baru Windows 11

Menu Start Menu, Taskbar, dan Search

Hal pertama yang menonjol di Windows 11 adalah Start Menu baru. Meskipun kontroversial, ini adalah salah satu perubahan yang paling menarik.

Alih-alih ke kiri seperti sebelumnya sejak era Windows 95 (kecuali di Windows 8), Microsoft sekarang mendorong Start Menu ke tengah. Ini yang membuat Windows menjadi terlihat seperti macOS. Namun posisi ini bisa dikembalikan ke bagian kiri layar.

Selain itu, icon taskbar juga berada di tengah. Taskbar ini pun bisa dipindahkan ke bagian kiri layar.

Lalu Microsoft menampilkan ikon pencarian baru. Search bar kini memiliki konsep mengambang, bukan kotak seperti di versi Windows saat ini.

Tak ada live tile untuk aplikasi yang ditahan di menu Start

Desain Live Tiles juga berbeda. Alih-alih menampilkan Live Tiles dan daftar panjang aplikasi, Start Menu pada Windows 11 menampilkan aplikasi yang “disematkan/pin” dan file terbaru Anda.

Logo Windows baru

Windows 11 hadir dengan desain logo baru yaitu empat buat persegi yang berukuran sama, bukan trapesium (sebenarnya persegi namun dengan perspektif yang miring) seperti yang dipakai Microsoft sejak mereka merilis Windows 8 pada 2012.

Semua logo Windows sudah didesain ulang dengan gradasi warna yang lebih beragam dan dengan tampilan agak 3D.

Baca Juga:
Windows 11 Gratis untuk Pengguna Windows 7 dan 8.1?

Windows akan tampil dengan lebih banyak sudut yang membulat.

Windows 10 memiliki banyak tepi datar, tetapi itu berubah di Windows 11. Agar sejalan dengan bahasa Fluent Design Microsoft, Windows 11 menukar sudut runcing dengan yang bulat. Konsep ini merupakan salah satu hal yang paling mencolok dalam sistem operasi. Sudut membulat ini terlihat sedikit seperti yang dilakukan Apple di MacOS Big Sur.

Tombol maximize akan punya beberapa opsi.

Ada tiga tombol maximize yang bisa dipilih Yaitu side by side, grid of three atau grid of four.

Beragam animasi

Ada banyak sekali animasi berbeda di seluruh Windows 11. Diantaranya, ketika memindahkan Windows di sekitar layar untuk multitasking akan menunjukkan efek buram seperti kaca di depan wallpaper Anda. Atau ketika menyentuh bagian atas windows dengan jari akan menunjukkan garis luar windows baru.

Selain itu, membuka dan menutup aplikasi, memaksimalkan dan meminimalkan windows — semuanya memiliki animasi baru. Aplikasi juga memiliki efek di mana mereka terbuka dari dalam jika Anda mengklik tombol maksimalkan. Ini adalah nuansa baru untuk Windows yang menua.

Suara baru

Ketika Windows 10 diperkenalkan pada tahun 2015, suaranya tidak banyak berubah. Namun kehadiran Windows 11 disinyalir membawa rangkaian suara baru. Suara mencakup banyak tugas yang sering dilakukan.

Selain hal yang sudah tertera di atas, Microsoft juga kabarnya akan memperbarui Microsoft Store, namun hal ini belum ada di Windows 11 yang bocor ke publik. Microsoft akan memamerkan Windows 11 pada 24 Juni mendatang.

- Advertisement -

Latest News

Related Stories