HomeAppsHID Global Hadirkan Tiket Pintar di FIFA World Cup 2018

HID Global Hadirkan Tiket Pintar di FIFA World Cup 2018

Technologue.id, Jakarta – FIFA World Cup 2018 menjadi ajang yang paling dinanti masyarakat di berbagai belahan dunia. Hajatan akbar bagi para penikmat olahraga sepakbola ini tentu turut didukung dengan hadirnya inovasi teknologi terkini. Salah satunya adalah teknologi tiket pintar yang akan mewarnai ajang yang digelar di negara Rusia tersebut.

HID Global menjadi perusahaan ditunjuk sebagai penyedia tiket resmi untuk Piala Dunia 2018 FIFA World Cup. HID Global akan mendistribusikan lebih dari 3 juta tiket dengan teknologi RFID (Radio-frequency identification) yang di jamin keamanannya untuk 64 pertandingan Piala Dunia 2018 mulai tanggal 14 Juni hingga 15 Juli 2018.

Baca juga:

Telkomsel Bawa Seluruh Pertandingan Piala Dunia 2018 dalam Genggaman

Tiket Piala Dunia 2018 FIFA World Cup yang didistribusikan oleh HID Global merupakan tiket berteknologi pintar yang dilengkapi dengan teknologi Radio Frequency Identification (RFID) serta beragam fitur keamanan seperti kertas khusus dan fitur-fitur lainnya yang dirancang untuk mencegah penipuan dan pemalsuan tiket. Data yang disimpan dalam tiket berbentuk chip RFID kemudian dienkripsi dan ditandatangani secara digital.

Contoh tiket World Cup Rusia 2018 (Eksklusif/Technologue.id)

“HID Global menyediakan benteng keamanan untuk mencegah pemalsuan tiket, sekaligus membantu FIFA memberikan kemudahan kepada para penggemar sepak bola dalam mendapatkan tiket dan tap-and-go (masuk) ke dalam stadiun,” ujar Stefan Widing, Presiden dan CEO HID Global.

Baca juga:

Intel Kembangkan PC Berbentuk Buku Catatan

RFID tidak seperti tiket barcode tradisional yang lebih mudah dipalsukan. RFID mentransmisikan identitas unik dari masing-masing tiket dan pemegang tiket melalui gelombang radio. Berbeda dengan mesin pembaca barcode, scanner RFID tidak perlu saling berhadapan dengan chip RFID.

Pengunjung hanya perlu menempelkan tiket mereka ke mesin pembaca untuk melakukan validasi dan mendapatkan akses ke dalam stadion, dengan begitu proses registrasi bisa menjadi jauh lebih cepat dan meningkatkan pengalaman penonton terutama dalam acara-acara besar seperti pertandingan Piala Dunia 2018 FIFA World Cup.

Baca juga:

Serius Berantas Kecurangan, Grab Sukses Kurangi Praktik Order Fiktif

“Kami yakin bahwa solusi RFID dan beragam fitur keamanan lainnya yang terdapat di dalam tiket, akan memberikan perlindungan lebih kepada FIFA dan juga para penonton, dan pada akhirnya memberikan pengalaman Piala Dunia 2018 FIFA World CupTM yang lebih baik secara keseluruhan,” tutup ujar Stefan.

- Advertisement -

Berita Lainnya

See More