Technologue.id, Jakarta – Firmware untuk smartphone buatan Huawei yang berbasis Android, EMUI sudah sampai pada versi 10. Meski begitu, ada beberapa smartphone kelas atas yang masih menggunakan versi di bawah 9. Oleh karenanya, Huawei mencoba untuk memperbaharuinya ke versi 9.1. Dan firmware tersebut sudah mulai didistribusikan.

Baca Juga:
Pemerintah AS Tak Jadi Blokir Huawei?

Mengutip dari GSMArena (20/08/19), setidaknya ada 8 perangkat yang kini sudah mulai mendapatkan EMUI 9.1 yang berbasis Android Pie 9.0. Tak cuma dari merek dagang Huawei, tetapi juga Honor.

Poster EMUI 9.1 (Sumber: GSMArena.com)
Poster EMUI 9.1 (Sumber: GSMArena.com)

Berikut ini daftar seluruh smartphone yang sudah mulai mendapatkan EMUI versi 9.1:
1. Huawei Mate 9
2. Huawei Mate 9 Pro
3. Huawei Mate 9 Porsche Design
4. Huawei P10
5. Huawei P10 Plus
6. Huawei nova 2s
7. Honor V9
8. Honor 9

Sebelumnya, Huawei sendiri sempat merilis EMUI 9.1 untuk sejumlah smartphone tersebut, namun hanya untuk beberapa wilayah tertentu. Dengan adanya pengumuman resmi soal pendistribusian ini, firmware EMUI 9.1 perlahan-lahan sudah mulai merambah ke seluruh dunia.

Baca Juga:
Huawei Mate X Bakal Mengadopsi Kamera P30 dan Kirin 990

Jika dibandingkan dari versi sebelumnya, EMUI 9.1 menyajikan sejumlah perbaikan bug dan peningkatan performa. Salah satunya adalah penggunaan EROFS sebagai file system yang membuat kinerja membaca dan menulis pada flash memory meningkat hingga 20 persen.

Selain itu, ada juga GPU Turbo 3.0 yang menjadi salah satu fitur utama dari EMUI 9.1. Fitur ini dapat mengoptimalkan kinerja prosesor dan GPU sehingga bisa membuat bermain game menjadi lebih lancar. Saat ini, GPU Turbo sudah mendukung lebih dari 20 judul game ternama, termasuk PUBG Mobile dan Fortnite.