Technologue.id, Jakarta – Galaxy Note 9 baru resmi dihadirkan 9 Agustus lalu. Sayang, tak semua menyambut baik kehadiran seri Note terbaru Samsung itu. Alasannya, Galaxy Note 9 tak mengusung perombakan signifikan dari Galaxy Note 8.

Huawei, misalnya, tak ragu menyindir perangkat 6,4 inci itu melalui akun Twitter resmi Huawei Mobile. Vendor kipas merah tersebut mengunggah bagian belakang dua flagship-nya, P10 Plus dan P20 Pro, sehingga tampak adanya perbedaan dari ketersediaan kameranya.

Baca juga:

Harga Samsung Galaxy Note 9 Capai Rp18 Juta, Layak Beli?

Kalau P10 Plus hanya dipersenjatai dengan dual-camera, P20 Pro yang dirilis April lalu alias setahun berselang memiliki tiga buah kamera belakang. Foto tersebut juga dibubuhi jargon yang kian menyempurnakan sindiran untuk Galaxy Note 8 ke Galaxy Note 9 yang perbedaannya tak signifikan, yakni, “Ini baru upgrade generasi yang sesungguhnya.”

Baca juga:

Galaxy Note 9 Kemahalan? 5 Gawai Ini Berbaterai Jumbo dan Lebih Murah!

P20 Pro yang jadi andalan Huawei tahun ini di pasar premium memang sangat berbeda dengan P10 Plus. Desainnya berasio 18,7:9 dengan notch serta menghadirkan kamera utama berlensa Leica 40MP+20MP+8MP. Dalam cuitan tadi, Huawei juga seperti memberi petunjuk kalau ponsel baru mereka selanjutnya bisa saja lebih hebat dari P20 Pro.

Baca juga:

Baru Sehari, Stok Samsung Galaxy Note 9 512GB Ludes!

Sementara itu, Galaxy Note 9 secara desain memang tak jauh berbeda dengan pendahulunya. Akan tetapi, terdapat peningkatan kapasitas baterai menjadi 4.000mAh serta opsi memori internal maksimal, dari 256GB menjadi 512GB. Untuk kamera baik depan maupun belakang, resolusi dan tipe layar, juga fitur-fitur tersiernya tak ada perbedaan.

Walau begitu, pre-order Galaxy Note 9 di Indonesia ternyata sangat kencang. Versi 512GB-nya, alias model termahal, ludes tak sampai sehari.