Technologue.id, Jakarta – Pertama kali hadir di tahun 2016, Ayopop menjadi sebuah platform pembayaran tagihan (bill payment platform) untuk masyarakat Indonesia. Seiring berjalannya waktu, Ayopop menggandeng pihak ketiga guna menghadirkan layanan lead generation (prospek pengguna) dalam pinjaman dana pendidikan.

Ayopop mengumpulkan data penggunanya yang tertarik melakukan pinjaman dana pendidikan, kemudian diberikan kepada pihak ketiga (atas persetujuan pengguna tersebut) untuk proses pengajuan pinjaman. Keputusan diterima/ditolak, besarnya pinjaman yang disetujui serta pencairan pinjaman dilakukan oleh pihak ketiga.

Baca juga:

Startup Buatan Indonesia Luncurkan Platform Gaming Komputasi Awan Skyegrid

Seiring dengan siaran pers dari OJK pada tanggal 27 Juli 2018 yang mengimbau agar masyarakat untuk mewaspadai fintech Peer-to-Peer Lending tidak berizin, di mana Ayopop termasuk dalam daftar tersebut, maka PT Ayopop Teknologi Indonesia bersilahturahmi dengan pihak Otoritas Jasa Keuangan Divisi Waspada Investasi dan Divisi Fintek P2P untuk lebih mendalami apakah bisnis model lead generation diizinkan.

Menurut Direktur PT Ayopop Teknologi Indonesia, Chiragh Manuhar, “Dari pertemuan tersebut, Ayopop menyadari bahwa untuk menjalankan hal ini pihak Ayopop harus mendapatkan izin terlebih dahulu agar tidak berpotensi merugikan masyarakat.”

Baca juga:

Kolaborasi 3 Platform Ini Mudahkan Beli Tiket Asian Games 2018

Maka mengikuti saran dari OJK, terhitung sejak 16 Agustus 2018, Ayopop telah menghentikan model bisnis lead generation untuk pinjaman dana pendidikan.

Pihak Ayopop berterima kasih untuk dukungan OJK yang memiliki misi untuk bisa memberikan kemudahan, kenyamanan dan keamanan terhadap masyarakat Indonesia.

Baca juga:

Di AS, Ada Startup Jualan “Bensin Eceran Keliling”

Ke depannya, Ayopop juga akan menyediakan akses pembayaran yang lebih mudah kepada masyarakat di Jawa dan luar Jawa untuk melakukan pembayaran melalui 125.000 lokasi pembayaran melalui channel partner.

Aplikasi Ayopop telah tersedia di Play Store dan App Store. Lewat aplikasi ini, pengguna dapat melakukan beragam pembayaran seperti tagihan air, listrik, internet, voucher game, pulsa prabayar hingga iuran pendidikan.