Technologue.id, Makassar – Momentum Ramadhan dan Lebaran biasa digunakan masyarakat Indonesia untuk bersilaturahmi dengan saudara. Indosat Ooredoo memprediksi tiap harinya akan ada 9,3 terabita data yang hilir mudik di jaringan miliknya.

“Kami sangat memahami kebutuhan telekomunikasi yang handal selama masa-masa peningkatan trafik telekomunikasi seiring dengan meningkatnya aktifitas masyarakat selama Ramadhan dan Lebaran,” ungkap Dejan Kastelic, Chief Technology Officer Indosat Ooredoo.

Baca juga :

Indosat Ooredoo Kawal Jaringan Selama Pemilu 2019

- Advertisement -

Indosat Ooredoo mengaku telah menyiapkan kapasitas jaringannya menjadi 18,4 terabita untuk dapat mengantisipasi lonjakan trafik telekomunikasi di masa-masa Ramadhan dan perayaan Lebaran. Kapasitas data yang disiapkan ini untuk memenuhi puncak kenaikan trafik data yag diprediksi meningkat sebesar 15-20%.

Sementara untuk kapasitas layanan SMS disiapkan hingga 975 juta SMS / hari, dan kapasitas layanan suara disiapkan hingga 37 juta Erlang/hari. Kedua trafik suara dan SMS ini juga sudah diperhitungkan untuk prediksi peningkatkan trafik yang mungkin terjadi.

“Penambahan sumber daya yang akan melakukan monitoring jaringan menjadi komitmen kami untuk memastikan kenaikan trafik telekomunikasi dapat kami antisipasi semakin baik di momen penting tersebut,” tambah Dejan.

Baca Juga:

Telkomsel Jamin Kesiapan Jaringan saat Pemilu Presiden

Operator yang tenar dengan sebutan Indosat itu pun mengaku bahwa jaringan miliknya telah mengimplementasi teknologi 4G di seluruh jaringannya di Indonesia sehingga kini pelanggan dapat menikmati jaringan 4G Plus untuk menikmati pengalaman digital yang lebih baik.

Jaringan 4G Plus Indosat Ooredoo diklaim telah menjangkau 422 kota/kabupaten dan 80% populasi masyarakat Indonesia. Implementasi jaringan 4G ini sejalan dengan strategi perusahaan LEAD yaitu eksekusi pembangunan jaringan berkualitas video yang kompetitif.