Technologue.id, Jakarta – Awal November 2019, WhatsApp meluncurkan fitur Katalog pada WhatsApp Business untuk memudahkan para pebisnis kecil menjalankan usahanya. Fitur ini memungkinkan pengguna menciptakan etalase mobile yang dapat menampilkan dan membagikan informasi produk kepada para pelanggannya.

Baca Juga:
WhatsApp Gelar Pelatihan Tingkatkan Fitur Katalog

Untuk membuat katalog pada WhatsApp Business, pengguna hanya perlu melakukan sedikit pengaturan. Langkah pertama masuk ke menu titik tiga pada pojok kanan atas di aplikasi WhatsApp Business.

Kemudian pilih Pengaturan -> Pengaturan Bisnis -> Katalog -> Tambah Produk/Layanan -> Masukan Foto, Nama Produk, dan Harga. Dalam menu yang sama, pengguna juga bisa menambahkan deskripsi produk, link, dan kode produk.

Baca Juga:
Hindari ‘Pegasus’, Pengguna Disarankan Segera Update WhatsApp

Pada fitur ini, pelaku bisnis dapat meng-upload maksimal 500 foto produk atau jasa ke dalam katalog mereka. Sravanthi Dev, Direktur Komunikasi, APAC, WhatsApp, mengatakan, “Kita tidak mau memakan banyak kapasitas, kita meminimalisir kapasitas tetapi lebih meningkatkan kualitas agar terlihat professional.”

Update secara berjangka terhadap katalog akan lebih memudahkan pelanggan menelusuri dan mengenal produk maupun jasa sebuah bisnis, serta tetap terhubung dengan bisnis tersebut.