Ini Aplikasi Media Sosial Populer yang Diakses Anak-anak Selama Pandemi

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Sebuah studi Kaspersky Safe Kids terbaru mengungkapkan apa yang diminati anak-anak selama tahun 2020-2021. Selama setahun terakhir, minat mereka tertuju dalam kategori ‘perangkat lunak, audio dan video’ dan ‘e-commerce’, sementara ‘media komunikasi internet’ dan ‘permainan komputer’ sedikit menurun.

Dari laporan tersebut diketahui bahwa TikTok, YouTube, dan WhatsApp berada di urutan teratas aplikasi paling populer di segmentasi anak-anak. Pada saat yang sama, TikTok bahkan menyalip Instagram dengan tingkat popularitas hampir dua kali lipat.

Baca Juga:
Tips TikTok-an Aman Bagi Anak

Untuk Indonesia, aplikasi yang paling populer di kalangan anak-anak di antaranya adalah Youtube (32,99%), disusul WhatsApp (21,47%) dan TikTok (10,18%). Fakta menarik juga bahwa aplikas Tiktok kini mulai dilirik untuk digunakan sebagai platform metode pembelajaran kreatif di Indonesia.

“Kami melihat bagaimana TikTok menjadi salah satu trendsetter utama di kalangan anak-anak dalam waktu singkat dan terus menarik perhatian mereka. Pada saat yang sama, YouTube tidak kehilangan pijakan dan tetap menjadi pemimpin dalam popularitas di kalangan anak-anak, sebagian karena banyaknya variasi video, mulai dari ‘let-plays’, rekaman permainan video game, hingga klip seputar pendidikan dan masih banyak lagi,” ujar Anna Larkina, pakar analisis konten web di Kaspersky.

Baca Juga:
TikTok Perkuat Konten Edukasi Lewat “Sama-Sama Belajar” 2021

Dari segi ketertarikan terhadap game, Roblox menempati urutan paling populer di kalangan anak- anak Indonesia dengan persentase 8,27% disusul Free Fire (5,75%) dan Mobile Legends: Bang Bang (2,91%).

Sementara untuk video game, di antara yang paling populer di kalangan anak-anak secara global termasuk Minecraft (22,84%), Fortnite (6,73%), Among Us (3,80%), Brawl Stars (6,34%) – dan game Roblox yang sangat disukai (3,82%).

- Advertisement -

Latest News

Related Stories