Technologue.id, Jakarta – Seperti yang mungkin telah Anda ketahui, Apple pada mulanya menciptakan iOS untuk mendukung multi-tasking penggunanya. Makanya, mengutip InterestingEngineering.com (24/07/2017), iOS pun didesain sedemikian rupa untuk bisa mem-freeze aplikasi yang tak terpakai atau berjalan di background, sehingga konsumsi RAM dan daya CPU-nya dapat dibatasi.

Namun terkadang, Anda tetap perlu untuk mematikan aplikasi di background secara paksa di iPhone Anda. Barangkali, aplikasi tersebut sedang mengandung bug, sehingga membuat baterai iPhone Anda jadi lebih boros ketika dipantau dari manajemen baterai bawaan iOS.

Baca juga:

CEO Apple Pun Akui Kecanduan Gadget

Ini Bedanya Cara Force Close Aplikasi di iPhone Biasa dan iPhone X

Nah, untuk melakukan force close aplikasi pada iPhone 8 atau yang lebih lama, mulailah dengan menekan dua kali tombol home fisiknya. Lalu, akan muncul deretan aplikasi yang sebelumnya telah Anda pakai. Swipe layar ke kiri atau ke kanan untuk mencari aplikasi yang ingin Anda matikan.

Kalau sudah ketemu, swipe aplikasi tersebut ke atas untuk mematikannya. Ulangi langkah yang sama jika Anda masih ingin mem-force close aplikasi lainnya. Akan tetapi kalau sudah, Anda bisa memencet lagi tombol home untuk kembali ke laman utama iPhone Anda.

Baca juga:

Apple Peringatkan User yang Masih Suka Men-jailbreak iPhone

Ini Bedanya Cara Force Close Aplikasi di iPhone Biasa dan iPhone X

Sementara itu untuk iPhone X, memulainya sedikit berbeda. Anda pasti sudah tahu kalau ponsel premium itu tidak dibekali dengan tombol home fisik. Oleh karena itu, untuk mengakses Recently Used Apps dari iPhone X, usap bagian bawah layarnya ke atas untuk menuju ke home screen. Dari sini, swipe lagi layar ke atas sampai pada bagian tengah layar.

Sejurus kemudian, Anda akan mendapati Recently Used Apps dan Anda bisa mulai mematikannya seperti pada langkah-langkah sebelumnya di iPhone model lawas. Untuk kembali ke home screen, usap layar dari bagian atas ke bawah.

Baca juga:

Apple Blokir Sejumlah Aplikasi Mining di App Store

Begitulah cara mem-force close aplikasi pada iPhone X dan iPhone model lawas seperti redaksi lansir dari Tech-Recipes.com (24/06/2018). Semoga membantu, ya!