Technologue.id, Jakarta – Menambang uang digital atau yang biasa disebut dengan mining adalah kegiatan yang legal. Meski begitu, hal tersebut bisa saja mengganggu kinerja dari sebuah perangkat elektronik, seperti gadget.

Mengutip dari TheVerge.com (11/06/2018), salah satu perusahaan teknologi, Apple, baru saja mengumumkan kalau mereka sudah memblokir sejumlah aplikasi pada App Store yang melakukan mining pada perangkatnya.

Baca juga:

Apple Cegah Aplikasi untuk Jual Kontak Pribadi

Tak cuma untuk gadget berbasis iOS, seperti iPhone dan iPad, pemblokiran aplikasi mining tersebut juga dilakukan untuk seluruh platformnya, seperti macOS yang biasa digunakan pada MacBook dan iMac, watchOS pada Apple Watch, dan tvOS. Ini artinya, tak ada satu pun perangkat Apple yang bisa dijejali aplikasi mining.

Baca juga:

Samsung Galaxy S9 Smartphone Terpopuler April 2018, iPhone X?

Meski tampak agak radikal, sebenarnya Apple sendiri masih memperbolehkan penggunanya untuk melakukan mining dengan menggunakan sebuah aplikasi pada platformnya. Namun dengan satu syarat, yakni tidak menggunakan sumber daya perangkat sendiri, seperti aplikasi mining berbasis cloud.

Baca juga:

Disebut Terima Data Sensitif dari Facebook, Ini Tanggapan Apple

Sebelumnya, Apple sempat membuang aplikasi Calendar 2 dari App Store Mac pada Maret 2018 lalu. Aplikasi itu diketahui bisa melakukan mining pada perangkat pengguna setelah mengaktifkan fitur premium. Ketika aplikasi tersebut aktif melakukan mining, baterai perangkat pun lebih cepat habis dan menghasilkan panas berlebih.