Technologue.id, Jakarta – Era di mana robot menjadi “pelayan hidup” manusia sudah tiba. Tengok saja apa yang dilakukan Hotel Jen, yang mulai bulan November ini telah memanfaatkan robot untuk melayani para tamunya di dua cabang hotelnya, yakni Hotel Jen Orchardgateway dan Hotel Jen Tanglin. Keduanya berada di Singapura.

Inovasi ini pun tercatat dalam sejarah. Ya, penggunaan dua robot yang masing-masingnya bernama Jeno dan Jena ini membuat Hotel Jen didaulat sebagai brand hotel internasional pertama yang mempekerjakan robot otonom di kawasan Asia.

Baca juga:

Pabrik Robot Google Jadi Dijual, Siapa Pembelinya?

Ini Dia Hotel Pertama di Asia yang Pekerjakan Robot, Minat Mampir?
Jena mengantarkan makanan pesanan tamu (source: Hotel Jen)

Kepada redaksi (09/11/17), Cetin Sekercioglu, Executive Vice President Shangri-La Hotels and Resorts, menyatakan, “Hotel Jen bangga menjadi brand pertama di grup Shangri-La yang mengenalkan teknologi ini.”

“Dikenal andal menghadirkan pengalaman yang menyenangkan, Hotel Jen lewat robot Relay-nya, kembali memberikan kejutan dan hal menyenangkan bagi para kaum urban yang gemar hal-hal baru,” imbuhnya.

Baca juga:

Sony Bangkitkan Lagi Robot Anjing Pintar nan Lucunya

Baik Jeno dan Jena bakal selalu bersiaga di lobi hotel selama 24 jam non-stop setiap harinya. Duo robot yang tingginya hampir semeter ini siap menyelesaikan banyak tugas, dari mengantarkan handuk pada tamu hingga makanan di tengah malam dengan waktu tempuh sampai ke kamar tamu maksimal 15 menit.

Robot yang mampu berjalan dengan kecepatan 2,5 km/jam ini dapat melakukannya secara otonom karena dibekali sensor untuk menavigasi menghindari halangan, termasuk orang yang lalu lalang, di jalan yang dilaluinya. Naik lift dan menelepon tamu begitu sampai di depan pintu pun mereka bisa.

Baca juga:

Waspada Hoax, Registrasi Kartu SIM Tidak Perlu Nama Ibu Kandung!

Ini Dia Hotel Pertama di Asia yang Pekerjakan Robot, Minat Mampir?
Jeno, salah satu robot yang disiagakan di Hotel Jen (source: Hotel Jen)

Jadi, sudah ada yang berencana menginap di dua hotel tersebut dan merasakan sensasi dilayani oleh robot?