Technologue.id, Jakarta – Dewasa ini beragam komputer diciptakan dengan bentuk yang makin tipis dan makin ringkas. Sudah jarang komputer yang hadir dan memenuhi seluruh ruangan. Seperti IBM yang baru saja meluncurkan perangkat yang mereka sebuah sebagai komputer terkecil di dunia.

Dilansir dari Ubergizmo.com (20/03/2018), IBM mengungkapkan wujud dari komputer terkecil di dunia ini pada hari pertama konferensi IBM Think 2018. Disebutkan bahwa komputer ini lebih kecil dari sebutir garam dan memiliki kekuatan yang sama dengan chip x86 dari tahun 1990.

Baca juga:

Vivo X21 Diresmikan, Usung Fingerprint Sensor di Balik Layar

- Advertisement -

IBM mengatakan bahwa chip ini akan memiliki ratusan ribu transistor dan memakan biaya dibawah sepuluh sen untuk ongkos produksinya. Komputer ini diklaim mampu memantau, berkomunikasi, menganalisis, hingga melakukan tindakan pada data.

Baca juga:

ZenBook Flip UX461, Senjata Terbaru Asus untuk Pasar Laptop Premium

Kehadiran perangkat ini dimaksudkan sebagai sumber data untuk aplikasi blockchain, yang memiliki kemampuan untuk melacak pengiriman barang, mendeteksi pencurian, penipuan dan pelanggaran. Bahkan sanggup melakukan tugas layaknya kecerdasan buatan yang meliputi pemilahan data.

Baca juga:

Xiaomi Luncurkan Mi Body Composition Scale, Apa Fungsinya?

Untuk saat ini para peneliti IBM hanya menguji prototipe pertama dari chip ini. Sehingga belum diketahui kapan tepatnya akan mulai tersedia secara komersil.