Technologue.id, Jakarta – Xiaomi mengumumkan kehadiran MIUI 11 di pasar Indonesia berbarengan dengan peluncuran smartphone terbaru Redmi 8 Series. Software antarmuka smartphone generasi terbaru ini tampil dengan desain minimalis dan beberapa fitur baru.

“Kami telah berupaya membuat MIUI 11 lebih minimalis dengan menghilangkan banyak elemen dari MIUI 10. Warna baru telah ditambahkan ke UI untuk pengalaman yang lebih organik bersama dengan dark mode (mode gelap),” tutur Alvin Tse, Country Director Xiaomi Indonesia, di acara peluncuran Redmi 8 Series, di Jakarta, Rabu (4/12/2019).

Baca Juga:
Redmi 8 Hadir Bawa Baterai Bongsor, Mampu Hidup 4 Hari

Seperti dijelaskan Alvin, Xiaomi telah menghapus banyak elemen, seperti dividing line yang sebelumnya ada di MIUI versi pendahulu, untuk menyediakan lebih banyak area agar konten tampil menonjol. Fitur ini akan paling terlihat pada menu Settings atau aplikasi Contact. Beberapa warna tambahan yang mengganggu pengalaman menonton secara keseluruhan juga telah dihapus dengan penambahan dark mode.

“MIUI 11 memberikan experience fullscreen terbaik,” cetusnya.

Xiaomi juga melakukan peningkatan fitur pada wallpaper. Ada Dynamic Video Wallpaper yang memungkinkan pengguna memasang video sebagai wallpaper ke Homescreen ponsel mereka. Lalu ada juga Wallpaper Carousel, untuk mengganti theme wallpaper secara acak dan otomatis berganti setiap hari. MIUI 11 memiliki lebih dari 100.000 wallpaper untuk dipilih pengguna.

Tak hanya itu saja, segudang fitur menarik lain yang ditawarkan oleh MIUI 11 diantaranya Floating Calculator, Dual Clock, Mi Share, Mi Life, Quick Replies, Game Turbo, Emergency SOS, dan Wireless Printing.

Baca Juga:
Xiaomi Rilis Redmi 8A Seharga Rp1,3 Jutaan

Xiaomi meluncurkan MIUI 11 secara bertahap dan tahap pertama telah dimulai pada Oktober hingga Desember tahun ini. Berikut estimasi jadwal update MIUI 11 untuk Indonesia:

Sudah diluncurkan: Redmi Note 8 Pro, Redmi 8A, Redmi 7, Redmi 7A, Redmi Note 5A, Redmi Note 6 Pro, Redmi S2, Redmi 5, Redmi 5A, Pocophone F1, Mi 8 Lite

Sudah diluncurkan sebagian: Redmi Note 8, Redmi 6, Redmi 6A, dan Redmi 5 Plus.

Akan datang di bulan Desember: Redmi 8