Technologue.id, Jakarta – Demi mengantisipasi lonjakan traffic pada beragam layanannya di momen liburan ujung tahun, Telkomsel mengaku sudah melakukan beberapa cara. Kepada redaksi (18/12/2017), operator telekomunikasi dengan basis pengguna terbesar di Indonesia itu menjelaskan kesiapan dan kesiagaannya.

Pertama, ada 103 unit compact mobile base station (Combat) atau mobile BTS Telkomsel yang dikerahkan di titik-titik dengan traffic komunikasi terpadat untuk menjamin kenyamanan pelanggan menggunakan layanan komunikasi, terutama pada malam pergantian tahun. Kehadiran 103 mobile BTS ini pun bakalan memperkuat lebih dari 158.000 BTS yang mereka tanamkan di seluruh wilayah Nusantara.

Baca juga:

Telkomsel Pakai Teknologi TDD LTE, Smartfren Tak Gentar

Kemudian, anak perusahaan Telkom Indonesia tersebut juga mengoptimalisasi jaringannya di 709 titik yang diprediksi menjadi pusat keramaian publik pada periode liburan Natal dan Tahun Baru. Adapun beberapa spot yang jadi prioritas, seperti Jam Gadang (Padang), Ancol dan Taman Mini Indonesia Indah (Jakarta), Bandara Soekarno-Hatta (Tangerang), Alun-alun Yogyakarta, serta Pantai Kuta (Bali).

Baca juga:

Kantongi Spektrum Baru, Kecepatan Telkomsel Dijanjikan Sampai 400 Mbps

Tak hanya di titik-titik destinasi wisata, optimalisasi jaringan 4G dan 3G pun dilakukan di 14 pusat perbelanjaan yang diperkirakan mengalami pelonjakan penggunaan layanan. Beberapa mall tersebut di antaranya Medan Fair, Trans Studio Mall Makassar, Malang Town Square, hingga Lippo Mall Kupang.

Baca juga:

Nih, Senjata Utama Telkomsel Bisnis Manjakan UKM

Masa liburan Natal dan Tahun Baru 2018 ini, Telkomsel memperkirakan ada peningkatan lalu lintas layanan data hingga 35 persen dibandingkan hari biasa. Senada dengan traffic layanan data, layanan SMS pun diprediksi mengalami kenaikan sebanyak lebih dari 12 persen pada periode yang sama. Namun, penurunan justru diramalkan terjadi pada penggunaan layanan suara yang diperkirakan cenderung menurun sekitar 2 persen dibandingkan hari normal.