Technologue.id, Jakarta – Telkomsel tengah berupaya keras merayu para pelaku bisnis usaha kecil dan menengah (UKM) untuk memanfaatkan teknologi digital. Operator seluler terbesar itu bahkan punya serangkaian produk yang dijajakan demi memenuhi kebutuhan UKM melakukan migrasi ke dunia digital.

Arief Pradetya, Vice President Enterprise Mobile Product Marketing Telkomsel mengaku rangkaian produk yang masuk dalam solusi bisnis Telkomsel MyBusiness sudah terbilang lengkap dengan dua kategori besar yakni “Mulai Usaha Anda” dengan solusi terintegrasi bagi UKM yang merintis usaha dan “Kembangkan Usaha Anda” dengan solusi bagi UKM yang mengembangkan bisnis.

Baca juga : Rayu UKM Migrasi ke Digital, Telkomsel Sodorkan Solusi Telekomunikasi

Solusi “Mulai Usaha Anda” terdiri dari Paket MITRA, Wireless Broadband, dan Business Connect yang tersedia bagi para pemilik usaha yang memberikan tunjangan komunikasi secara rutin terhadap karyawannya. Paket MITRA memberikan kenyamanan, di mana manfaatnya dinikmati oleh nomor karyawan dan biayanya dibebankan ke nomor pemilik usaha.

Sementara itu, layanan Wireless Broadband menawarkan jaminan koneksi internet prima untuk lingkungan kantor pelaku UKM. Sedangkan Business Connect menyediakan solusi komunikasi yang terintegrasi penuh, mulai dari email hingga penjadwalan, dokumen, serta aplikasi kolaborasi sehingga mampu meningkatkan produktivitas.

Baca juga : Incar Pasar Korporat, Telkomsel Pamer Solusi Enterprise Mobility

Di kategori solusi “Kembangkan Usaha Anda” tersedia layanan Telkomsel Office 365, Telkomsel MPOS Solution, Telkomsel Employee Management, Telkomsel Accounting Solution, Telkomsel E-Commerce Solution, dan Telkomsel E-Health. Telkomsel Office 365 menyediakan versi terbaru dari aplikasi Microsoft Office, layanan email 50 GB dan storage berkapasitas 1 Terabyte, serta layanan kolaborasi berbasis video (Skype for Business).

Telkomsel MPOS Solution merupakan aplikasi kasir yang memberikan kenyamanan dalam mengelola transaksi melalui tablet atau smartphone. Telkomsel Employee Management mempermudah UKM dalam memiliki sistem kehadiran atau absensi yang terjangkau melalui aplikasi mobile, mengelola rekaman data karyawan, serta penghitungan dan pembayaran gaji karyawan dengan efektif.

Baca juga : Kantongi Spektrum Baru, Kecepatan Telkomsel Dijanjikan Sampai 400 Mbps

Telkomsel Accounting Solution merupakan solusi akuntansi berbasis cloud yang mempermudah UKM melakukan pencatatan dan pembuatan berbagai laporan keuangan. Ada juga Telkomsel E-Commerce Solution sebagai platform yang memungkinkan UKM membuka toko online dengan branding usaha sesuai keinginan dan langsung berjualan produk serta jasa pada hari yang sama.

Terakhir, Telkomsel E-Health merupakan solusi yang dibuat secara khusus untuk praktek dokter, klinik, atau Puskesmas yang memungkinkan mereka memiliki sistem manajemen kesehatan seperti rumah sakit besar dengan biaya terjangkau.

Baca juga : Telkomsel Umumkan Finalis The NextDev 2017, Apa Hadiahnya?

“UKM yang memulai usaha atau mengembangkan bisnisnya tidak perlu melakukan investasi besar di depan dari sisi teknologi atau IT, seperti untuk perangkat lunak atau perangkat keras, atau keharusan melakukan rekrutmen tambahan orang untuk fungsi pendukung,” tambah Arief.