Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Telkomsel Pakai Teknologi TDD LTE, Smartfren Tak Gentar
SHARE:

Technologue.id, Manado - Telkomsel belum lama ini mengumumkan penggunaan teknologi TDD LTE di jaringan 2300 Mhz yang baru didapatkannya dari lelang frekuensi. Smartfren sebagai 'senior' Telkomsel dalam penggunaan teknologi TDD LTE di frekuensi 2300 Mhz mengaku tak khawatir. Telkomsel belum lama ini mendapatkan tambahan spektrum di frekuensi 2300 Mhz sebesar 30 Mhz setelah memenangkan lelang yang digelar Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo). Telkomsel menggunakan tambahan frekuensi ini untuk menggunakan TDD LTE, teknologi ini juga dipakai Smartfren.

Baca juga : Jajal Video Call di Tengah Laut Bunaken, Hasilnya?

Munir Syahda Prabowo, VP Technology Relations and Special Project Smartfren mengaku hadirnya Telkomsel di frekuensi 2300 Mhz dengan teknologi TDD LTE membuat kondisi industri semakin berwarna. Meskipun begitu ia mengklaim bahwa Smartfren tetap menjadi satu-satunya operator yang telah menggunakan 4G LTE di seluruh jaringannya. "Kami tetap menjadi satu-satunya operator telekomunikasi yang menggunakan 4G sepenuhnya di jaringan yang disediakan untuk pelanggan. Operator lainnya masih menggunakan teknologi 2G dan 3G di sebagian jaringannya, Smartfren sudah adopsi 4G baik di frekuensi 850 Mhz maupun 2300 Mhz," jelas Munir.

Baca juga : Manjakan Kids Zaman Now, Smartfren Keluarkan Kartu Perdana Murah

Lebih lanjut, Munir memaparkan bahwa jaringannya telah dilengkapi teknologi komunikasi terkini, LTE Advance. Teknologi ini diakui Munir mampu memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan melalui layanan data yang lebih cepat daripada teknologi LTE generasi sebelumnya. "Jaringan kami sudah dilengkapi dengan 4X4 MIMO dan 256 QAM yang akan mendeliver kapasitas kepada pelanggan secara optimal. Teknologi ini sekaligus persiapan kami menjelang hadirnya teknologi 5G yang masih dalam proses pengembangan," tambah Munir di Manado.

Baca juga : Begini Cara Mudah dan Aman Registrasi Nomor Prabayar Smartfren

Smartfren baru saja melakukan uji coba kekuatan jaringannya di sekitar Manado dan Tomohon yang diikuti juga oleh Technologue.id. Hasilnya, 60 persen dari wilayah Manado telah mendapat layanan Smartfren dengan baik dan mampu menghasilkan pengalaman terbaik ketika menjelajah internet. Technologue sendiri telah menjajal kekuatan sinyal Smartfren di Manado dan melakukan panggilan video call menggunakan WhatsApp di tengah laut Bunaken. Komunikasi video yang dilakukan tersebut terasa cukup lancar tanpa gangguan meskipun berada di tengah laut.

SHARE:

Starlink Masuk Indonesia, Indosat Singgung Persaingan Layanan Internet

Apple Hapus WhatsApp dan Threads dari App Store China