Technologue.id, Jakarta – Snapdragon Technology Summit 2018 yang dihelat di Hawaii menjadi lokasi kelahiran Snapdragon 855. Chipset termutakhir Qualcomm itu adalah chipset mobile pertama yang sudah mendukung konektivitas 5G.

Setelah Qualcomm gembar-gembor ke awak media, di hari kedua Snapdragon Technology Summit, OnePlus memberikan informasi menarik. Mengutip AndroidHeadlines.com (05/12/2018), vendor asal China itu mengonfirmasi akan menjadi salah satu pengadopsi awal Snapdragon 855. Peluncuran 5G OnePlus sendiri dijadwalkan pada tahun depan. Akan tetapi, ponsel 5G pertama OnePlus itu bukanlah OnePlus 7.

Baca juga:

Snapdragon 855, Jawaban Qualcomm untuk Smartphone 5G

Di ajang itu, CEO OnePlus, Pete Lau, menyatakan kalau pihaknya sudah memulai riset dan pengembangan 5G sejak 2016. Bisa dibilang, brand yang acap mem-branding produknya sebagai flagship-killer itu tampaknya bakal memanfaatkan fitur ini untuk bersaing di kelas high-end tahun depan.

- Advertisement -

Baca juga:

Ini Rekor Dunia yang Baru Dipecahkan OnePlus

Untuk target pasar smartphone 5G OnePlus, belum bisa dipastikan selain di Inggris. Di tanah Ratu Elizabeth tersebut, OnePlus bermitra dengan EE dan kemungkinan bisa dimaksimalkan di 16 kota, termasuk London, Manchester, dan Edinburgh.

Walaupun begitu, masih ada kans lain. Pasalnya, brand yang masih sedarah dengan Oppo dan Vivo itu tengah menjalin kemitraan dengan T-Mobile, operator asal Amerika Serikat.

Baca juga:

OnePlus 6T Segera Hadir dalam Edisi McLaren

Sebagai gambaran, suksesor Snapdragon 845 itu memiliki sejumlah kelebihan, di antaranya konsumsi daya yang lebih irit, kemampuan pengolahan gambar, performa tinggi untuk bermain game, dan tentu saja kecepatan multigigabit untuk download di jaringan 5G. Fitur yang terakhir itu memungkinkan, karena chipset itu telah menggunakan modem 5G, Snapdragon X50.