Technologue.id, Jakarta – Sebuah capaian penting baru saja diraih oleh Instagram. Sudah berdiri sejak 2010, kini media sosial yang diakuisisi Facebook Inc. pada tahun 2012 itu memiliki lebih dari 1 miliar user secara global.

Untuk merayakannya, Instagram meluncurkan fitur baru di platformnya: IGTV. Dengan Instagram TV, Anda bisa menikmati video bikinan para kreator konten Instagram dalam mode vertikal. IGTV sendiri dapat digunakan dari dalam aplikasi Instagram maupun di aplikasi standaolone yang telah tersedia untuk iOS maupun Android.

Baca juga:

Posting Video Berdurasi Panjang di Instagram, Mungkinkah?

Kevin Systrom, Co-Founder dan CEO Instagram, menjelaskan (20/06/2018) kalau IGTV adalah platform yang tepat untuk masyarakat kekinian. Sebab, dengan makin banyaknya pengguna smartphone, video vertikal full-screen jadi punya pasar tersendiri. Hal ini sudah mereka buktikan dari fitur Stories. Selain itu, sepertinya Instagram juga berambisi untuk menyaingi platform video milik Google, YouTube.

Mirip dengan menyalakan televisi, IGTV akan langsung menyala ketika Anda membuka aplikasinya. Namun, Anda bisa memberikan komentar dan mengirimkan video tersebut ke teman lewat Instagram Direct.

Baca juga:

Kini Anda Bisa Bungkam Postingan Teman di Instagram

Rayakan 1 Miliar User, Instagram Luncurkan TV-nya Sendiri
Konten IGTV (source: Instagram)

Soal “channel”, IGTV bakal merangkumkan video dari orang-orang yang sudah Anda follow akun Instagram-nya, yakni di kategori “Following”, selain adanya kanal “Popular” yang berisi konten yang sedang trending. Ada juga video yang diseleksi berdasarkan ketertarikan Anda selama menggunakan Instagram di kategori “For You”.

Baca juga:

Fitur Baru Instagram Permudah “Curi” Foto Orang Lain, Ini Cara Mencegahnya

Jadi, Anda lebih suka mengonsumsi konten di IGTV atau membuat konten di sana?