Fitur Baru Instagram Permudah “Curi” Foto Orang Lain, Ini Cara Mencegahnya

Technologue.id, Jakarta – Instagram belum lama ini telah meluncurkan fitur baru, yang ditujukan pertama kali untuk pengguna Android. Mengutip dari BusinessInsider.com (19/05/2018), fitur tersebut memungkinkan penggunanya “mengambil” foto user lain dari feed mereka, lalu mengunggahnya di Stories-nya sendiri.

Di satu sisi, fitur ini amat membantu, misalnya untuk para influencer yang ingin kontennya dilihat lebih banyak orang atau cepat viral. “Pencurian” menggunakan fitur ini pun sebenarnya tidak gamblang. Soalnya, pemilik asli foto tersebut tetap akan ditampilkan di bawah foto atau video di Stories Anda.

Baca juga:

Diam-diam, Instagram Sediakan Fitur Pembayaran

Fitur ini bisa digunakan dengan men-tap ikon pesawat kertas di bawah masing-masing post. Kemudian, user tinggal memilih opsi “Add Post to Your Story”. Begitu diklik, Anda akan mendapati foto tersebut terunggah di Stories Anda dan bisa dilihat oleh followers atau siapa pun yang berkesempatan melihat akun Anda.

Fitur Baru Instagram Permudah "Curi" Foto Orang Lain, Ini Cara Mencegahnya

Akan tetapi, kalau Anda merasa was-was dengan kehadiran fitur ini dan takut konten Anda dicuri, silakan ikuti langkah-langkah berikut ini.

Baca juga:

Cara Mengunduh Data Pribadi Anda di Instagram

1. Bukalah profil Anda, lalu klik titik tiga di pojok kanan atas.

Fitur Baru Instagram Permudah "Curi" Foto Orang Lain, Ini Cara Mencegahnya

2. Scroll ke bawah sampai Anda menemukan sub-kategori Business Settings. Di sana, Anda seharusnya bakal menemukan toggle “Allow Others to Reshare”. Switch toggle itu ke kiri untuk menonaktifkan fitur ini.

Fitur Baru Instagram Permudah "Curi" Foto Orang Lain, Ini Cara Mencegahnya

Baca juga:

Tonton Video Facebook dan Instagram Kini Bisa Langsung Lewat WhatsApp

3. Untuk Anda pengguna iPhone, cara serupa bisa Anda lakukan dengan menonaktifkan fitur “Allow Resharing to Stories”.

4. Alternatif lain dari cara di atas adalah dengan menjadikan akun Anda Private Account. Namun jangan melakukannya apabila Anda tidak nyaman dengan cara terakhir ini.

Latest News

Dear Nakes, Registrasi Vaksin Covid-19 Bisa Dilakukan Via WA

Technologue.id, Jakarta - Guna memudahkan tenaga kesehatan (Nakes) melakukan registrasi Program Vaksinasi Covid-19, pemerintah menyediakan akses pendaftaran berupa kanal Chatbot WhatsApp.

Telkomsel Hadirkan Paket Khusus Darurat Gempa Sular

Technologue.id, Jakarta - Pasca bencana gempa bumi 6,2 Magnitudo yang terjadi di Provinsi Sulawesi Barat, khusunya Kabupaten Majene dan Kabupaten Mamuju, Telkomsel...

Diblokir Trump, Xiaomi Angkat Suara

Technologue.id, Jakarta - Presiden Amerika Serikat, Donald Trump memasukan Xiaomi ke daftar hitamnya. Trump beralasan perusahaan asal China itu memiliki hubungan dengan...

Duh, Xiaomi Diblokir Trump

Technologue.id, Jakarta - Presiden Amerika Serikat, Donald Trump kembali menambahkan perusahaan China ke daftar hitamnya. Kali ini, Xiaomi dan delapan perusahaan lainnya...

Buntut Kontroversi WhatsApp, Aplikasi Signal Raih 50 Juta Unduhan di Play Store

Technologue.id, Jakarta - Kebijakan baru aplikasi perpesanan WhatsApp membuat banyak penggunanya kecewa. Mereka pun akhirnya memilih beralih ke aplikasi lain yang dinilai...

Related Stories