Technologue.id, Jakarta – Teknologi mobile broadband di Indonesia masih fokus untuk melakukan optimalisasi pada jaringan 4G. Namun di luar sana, sudah ada beberapa perusahaan teknologi yang sedang menyiapkan konektivitas 5G, tak terkecuali Intel.

Mengutip dari TheVerge.com (22/02/2018), Intel dikabarkan tengah menjalin kerja sama dengan sejumlah vendor komputer, seperti Microsoft, Dell, HP, dan Lenovo. Hal ini dilakukan untuk bisa menghadirkan laptop berkonektivitas 5G pada musim liburan tahun 2019 mendatang.

Baca juga:

Duh! Intel Kena 32 Tuntutan Terkait Meltdown dan Spectre

- Advertisement -

Tak cuma bakal bisa mengakomodir konektivitas 5G, modem yang bakal disematkan pada laptop tersebut juga nantinya akan tetap kompatibel dengan sejumlah teknologi sebelumnya, seperti 2G, 3G, dan LTE. Dengan begitu, pengguna tetap bisa menggunakan sim card 4G untuk mendapatkan koneksi internet.

Baca juga:

Kacamata Pintar Buatan Intel Dirilis Tahun Ini?

Sayangnya, hingga saat ini Intel sendiri belum membeberkan seperti apa spesifikasi detail dari modem 5G yang nantinya akan tertanam di laptop masa depan. Fitur-fiturnya pun belum diketahui secara pasti.

Baca juga:

Meriahkan Pembukaan Olimpiade 2018, Intel Kerahkan 1.230 Drone

Belakangan, teknologi 5G juga sedang gencar dikembangkan oleh Qualcomm. Mereka juga merencanakan bakal menghadirkan chipset yang dilengkapi dengan modem 5G untuk smartphone. Untuk tahun 2019 mendatang, Qualcomm sudah bekerja sama dengan sekitar 18 vendor smartphone untuk bisa merilis smartphone berbasis 5G.