Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Intel Menghentikan Produksi Chip Penambangan Bitcoin, Apa Selanjutnya?
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Intel baru saja mengumumkan bahwa mereka telah menghentikan produksi chip penambangan Bitcoin pertamanya, Blockscale 100 ASIC, kurang dari satu tahun setelah diluncurkan pada bulan Juni. Laporan dari Tom's Hardware menyebutkan bahwa perusahaan tidak mengumumkan adanya chip baru yang akan menggantikannya.

Dalam beberapa bulan terakhir, banyak yang bertanya-tanya apakah tindakan ini menandakan bahwa Intel akan keluar dari bisnis Bitcoin ASIC secara keseluruhan. Namun, perusahaan hanya mengatakan bahwa mereka terus memantau peluang pasar.

Baca Juga:
Intel Konfirmasi Kehadiran Prosesor Meteor Lake Baru

Sayangnya, pengaturan waktu Intel kurang menguntungkan. Antara saat mereka mengumumkan chip dan waktu pengirimannya, nilai Bitcoin turun lebih dari setengahnya. Namun, dalam beberapa bulan terakhir, nilai Bitcoin telah bangkit kembali dan mencapai kisaran $30.000 per koin.

Meskipun demikian, hal ini tidak menjamin keberhasilan jangka panjang bagi bisnis chip crypto Intel. Industri teknologi saat ini sangat berbeda dari beberapa tahun yang lalu. Investasi AI yang panas saat ini telah mengguncang banyak kepercayaan pada teknologi blockchain, dan sepertinya hampir setiap perusahaan teknologi sedang mengencangkan ikat pinggangnya dan fokus pada bisnis inti mereka.

Terlebih lagi, CEO Intel telah mengumumkan rencana untuk memotong biaya hingga $8-10 miliar pada tahun 2025. Selain itu, perusahaan baru-baru ini keluar dari bisnis server prebuilt dan mengkonfirmasi akan keluar dari bisnis modem seluler mereka pada bulan Maret.

Baca Juga:
Intel Berencana Beralih ke TSMC untuk CPU Meteor Lake

Raja Koduri, arsitek grafis yang juga memimpin inisiatif chip crypto Intel, telah keluar dari perusahaan pada bulan yang sama. Dengan berbagai perubahan ini, bisa jadi Intel sedang mencari arah yang berbeda dan keluar dari bisnis chip crypto mereka.

Meskipun demikian, hanya waktu yang akan memberitahu apa yang akan terjadi selanjutnya bagi bisnis chip crypto Intel. Satu hal yang pasti, mereka harus tetap terus memantau pasar dan menyesuaikan diri dengan keadaan yang selalu berubah di dunia teknologi.

SHARE:

Elon Musk Resmikan Operasional Starlink di Indonesia

Android 15 Tawarkan Peningkatan Waktu Siaga Baterai Hingga 3 Jam