Technologue.id, Jakarta – Awal tahun 2020 ini, Apple memperbaharui sistem operasi iOS dan iPadOS secara bersamaan. Dan kali ini, ada sebuah fitur unggulan yang diyakini bisa sangat bermanfaat bagi para pengguna iPhone maupun iPad.

Mengutip dari GSMArena (23/03/20), pada sistem operasi iPadOS versi 13.4 ini, Apple menghadirkan dukungan pada trackpad. Hal ini memungkinkan pengguna untuk memanfaatkan mouse bluetooth maupun kabel dan trackpad pada sebuah iPad dengan pengalaman penggunaan yang jauh lebih baik.

Baca Juga:
iOS 13.4 Segera Hadir, Apa Yang Baru?

Kali ini, sistem operasi bakal menampilkan desain pointer mouse yang baru. Ini memungkinkan pointer langsung menempel pada sebuah objek ketika digeser. Dengan begitu, pengguna pun tak perlu repot-repot untuk mengarahkan pointer hingga akurat pada sebuah objek.

Sementara selebihnya, pembaharuan yang dilakukan pada iOS dan iPadOS tak begitu banyak. Beberapa contohnya adalah melakukan sharing folder ke iCloud Drive secara langsung dari aplikasi Files, menyediakan 9 emoji baru, dan tombol delete, move, reply dan compose pada aplikasi Mail yang selalu muncul.

Baca Juga:
Microsoft Bakal Boyong Antivirusnya Ke Android dan iOS Tahun Ini

Fitur lainnya, Apple kini membuat browser Safari secara langsung terintegrasi dengan pemblokir cookie dari pihak ketiga dan merancang panggilan telepon tak memenuhi seluruh layar sehingga pengguna bisa melakukan berbagai hal saat menerima telepon.