Technologue.id, Jakarta – Belakangan, sejumlah vendor smartphone ramai diberitakan hendak atau bahkan telah siap mengeluarkan ponsel 5G-nya masing-masing. OnePlus, misalnya, bersama Qualcomm mengklaim siap merilis smartphone 5G-nya dalam semester pertama 2019. Sementara brand lain, seperti Huawei, Xiaomi, dan LG juga segera menguntit.

Baca juga:

Apple Tak Mau Pamerkan Volume Penjualannya Lagi, Ada Apa?

Lantas, bagaimana dengan Apple? Brand smartphone nomor tiga sedunia itu kabarnya baru akan mengikuti persaingan smartphone 5G pada 2020 mendatang. Alasannya, mengutip FastCompany.com (02/11/2018), Intel yang merupakan penyuplai chip untuk iPhone belum dapat menyiapkan teknologi itu dalam waktu dekat.

Intel sejatinya sudah punya chipset 5G XMM8060. Akan tetapi, chipset itu baru cocok untuk perangkat yang ukurannya lebih besar dari ponsel.

- Advertisement -

Baca juga:

Samsung dan Apple Didenda Gara-gara Smartphone-nya Lemot

Yang konon bakal ditanamkan di iPhone yang sanggup mendukung jaringan 5G adalah XMM8161. Chipset 10-nanometer inilah yang disiapkan agar lebih hemat daya dan tidak overheat seperti XMM8060.

Baca juga:

Apple, Google, dan Puluhan Perusahaan Teknologi Dukung Transgender di AS

Sedikit menoleh ke belakang, kesimpangsiuran dan ketertinggalan Apple menyongsong era 5G ini sendiri disebabkan oleh terhentinya kerja sama mereka dengan Qualcomm. Juli lalu, sampai terdengar rumor kalau Apple akan menggaet MediaTek, andaikata Intel tidak bisa menghadirkan chipset 5G itu 2020 mendatang.