Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Jelang Mudik 2024, Intip Kelayakan Jaringan di Sepanjang Rute Semarang - Surabaya
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Mudik lebaran menjadi momen yang dinanti masyarakat Indonesia. Dengan tradisi yang dilakukan setiap tahun ini, seseorang melakukan perjalanan lintas kota untuk bertemu dengan keluarga atau kerabatnya.

Untuk menghadapi tradisi mudik ini, operator telekomunikasi mengantisipasi lonjakan trafik penggunaan layanan internet dengan meningkatkan kapasitas jaringan di titik-titik ramai pengunjung atau rute mudik.

Salah satu rute mudik yang banyak dipilih oleh sebagian masyarakat Indonesia ialah rute Jawa Barat hingga Jawa Tengah serta Jawa Timur. Guna mengetahui kesiapan operator telekomunikasi dalam menggelar layanan mereka jelang mudik lebaran 2024, tim Technologue.id melakukan aktivitas drive test atau uji jaringan dari Jakarta ke wilayah Semarang dan Surabaya.

Pada pembahasan kali ini, tim ingin berbagi hasil uji jaringan selama perjalanan Semarang menuju Surabaya. Perjalanan dilakukan pada Rabu (8 Maret 2024) dari Kota Lama Semarang lalu ke Surabaya. Perjalanan akan memakan waktu sekitar 4 jam.

Baca Juga:
Uji Jaringan Jalur Mudik Jakarta-Semarang Ramadan 2024

Tim melewati beberapa rest area, salah satunya Rest Area KM 487 A Boyolali. Pengujian dilakukan dengan menggunakan aplikasi Speedtest dan nPerf. Ketiga kartu perdana masing-masing operator diaktifkan di perangkat Poco X6.

Khusus Indosat Ooredoo, kecepatan unduh di titik ini mencapai 54,6 Mbps dan unggah 23,3 Mbps. Sedangkan pada nPerf, kecepatan unduh 85,23 Mb/s dan kecepatan upload 19,06 Mb/s.

Untuk operator Telkomsel, kecepatan unduh mencapai 9,87 Mbps dan unggah 13,4 Mbps pada Speedtest, sementara pada pengujian nPerf menorehkan kecepatan download 33,81 Mb/s dan upload 7,73 Mb/s. Masih di rest area ini, XL Axiata mencatatkan kecepatan download 68,5 Mbps dan unggah 44,0 Mbps pada Speedtest, sedangkan nPerf dengan kecepatan download 52,66 Mb/s dan upload 42,83 Mb/s.

Prev Next Page 1 of 2
SHARE:

Masalah Fuel Pump, Ratusan Suzuki Jimny 3-Door Kena Recall di Indonesia

Game Ghost of Tsushima Director's Cut Akan Hadir di Platform PC