Technologue.id, Jakarta – Sistem penerimaan SBMPTN 2019 akan mengalami berbagai perubahan dari tahun-tahun sebelumnya. Untuk meningkatkan kenyamanan pengguna dalam proses belajar, aplikasi Ruangguru melakukan revamp besar-besaran yang menghasilkan tampilan baru dengan lebih fresh.

Perubahan pertama adalah, pengguna langsung dapat mengakses ruangbelajar pada halaman utama dengan memilih jenjang, kurikulum, dan mata pelajaran yang diinginkan. Video-video belajar beranimasi yang terdapat dalam ruangbelajar juga kini bisa diunduh ke SD (Secure Digital) card sehingga pengguna bisa menonton video tanpa lagi menghabiskan kuota internet.

Pengguna juga kini bisa menggunakan ruangbelajar di PC dan laptop melalui ruangbelajar for desktop yang bisa diakses di windows dan macOS sehingga belajar menjadi lebih nyaman dengan layar yang lebih besar.

Baca Juga:
Belajar di Ruangguru, Telkomsel Loop Sediakan Paket Kuota Rp25 Ribu Sebulan

Selain tampilan yang baru, aplikasi Ruangguru juga kini dilengkapi dengan berbagai fitur baru, salah satunya adalah roboguru yaitu robot yang dapat menjawab soal latihan Ujian Nasional (UN) dan SBMPTN.

Pengguna bisa mengirim soal yang dirasa sulit dalam bentuk foto kemudian di-upload, kemudian roboguru akan memperlihatkan lima soal dan jawaban yang paling relevan dengan pertanyaan tersebut. Fitur ini bisa digunakan oleh semua pengguna aplikasi Ruangguru.

“Dulu, kalau mau ujian, latihan soal biasanya jadi salah satu komponen persiapan yang wajib dilakukan. Nah, Ruangguru ingin mempermudah aktivitas ini dengan meluncurkan roboguru. Siswa tinggal foto saja soal-soal latihan UN & SBMPTN nya, nanti roboguru secara otomatis akan memunculkan jawaban serta tahap menjawabnya hanya dalam waktu beberapa detik. Selain itu, juga akan ditampilkan soal-soal lain yang serupa dengan tipe soal yang difoto oleh siswa. Dengan sistem ini, kita berharap belajarnya siswa bisa jadi lebih praktis. Layanan ini juga bisa dicoba gratis sekarang,” ujar Iman Usman, CPO dan pendiri Ruangguru.

Baca Juga:
Tumbuh Pesat, Ruangguru Sisihkan Facebook di Play Store

Dalam upaya membantu siswa menghadapi UN dan SBMPTN 2019, aplikasi pendidikan karya anak bangsa ini telah menyiapkan berbagai materi konten di ruangbelajar seperti soal dan video pembahasan SBMPTN dari tahun 2014-2018.

Tak hanya itu, terdapat juga prediksi soal UTBK SBMPTN 2019 dan setiap pengguna Ruangguru bisa mengikuti Tryout Online gratis untuk menghadapi UN dan SBMPTN 2019.

 

Tim Ruangguru juga sudah menyiapkan berbagai analisa mengenai topik-topik serta pola soal-soal yang sering muncul di SBMPTN selama 10 tahun terakhir, contohnya di dalam Matematika Dasar topik Barisan dan Deret selalu keluar setiap tahun dan muncul 3x lipat lebih sering dari topik Eksponen. Analisis seperti ini dapat dibaca di platform ruangbaca yang terdapat di dalam aplikasi Ruangguru.