Jualan smartphone 4G, Meizu Sudah Penuhi Aturan TKDN?

Technologue.id, Jakarta – Menjelang pergantian tahun, perusahaan pembuat ponsel asal Tiongkok, Meizu kembali memamerkan rangkaian produk terbarunya MX6, M5 dan M3 Note. Semua produk yang diperkenalkan Meizu tersebut dipasarkan sebagai perangkat berteknologi 4G LTE.

Menariknya, perusahaan itu mengklaim bahwa produknya sudah memenuhi aturan pemerintah terkait penjualan smartphone berteknologi 4G. “Meizu yang diperkenalkan di Indonesia sudah memenuhi aturan yang berlaku di sini,” ujar Yao Ying Zhi dari perusahaan distributor Meizu di Indonesia.

Pemerintah Indonesia memang sudah menerapkan aturan khusus bagi perangkat berteknologi 4G yang dipasarkan di Indonesia. Mereka harus memenuhi tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) sebesar 20 persen di tahun 2016 dan meningkat jadi 30 persen sejak 1 Januari 2017 mendatang.

Ketika didesak soal pemenuhan TKDN yang sudah diklaimnya, Yao Ying Zhi masih belum bisa menjelaskan skema yang dipilih, apakah hardware atau software.

Alih-alih menjelaskan soal skema pemenuhan TKDN, pria asal Tiongkok tersebut malahan mengakui bahwa semua produk Meizu masih diimport secara keseluruhan dari kampung halamannya, Tiongkok.

“Semua produk masih diimport dari Tiongkok, tapi kami sedang dalam proses untuk mempunyai fasilitas produksi Meizu di Indonesia,” jelasnya saat ditemui Technologue.id di Soehana Hall, Jakarta.

Meski begitu, dirinya menyatakan Meizu tengah dalam proses penyediaan fasilitas produksi di Indonesia. Sayangnya, Yao Ying Zhi masih belum mengungkapkan rencana pembangunan pabriknya secara gamblang.

“Saya belum bisa menjelaskan rencana pembangunan pabrik secara terperinci. Yang jelas kami sekarang masih dalam tahap pemilihan mitra perusahaan swasta manufaktur dari Indonesia. Kami punya tim khusus yang paham regulasi di Indonesia, dan semua itu disesuaikan dengan regulasi di sini,” imbuhnya.

Terkait lokasi pabrik, Yao Ying Zhi sedikit membocorkan kandidat yang sedang dalam proses penjajakan bersama Meizu. “Perusahaan yang ada di Jakarta atau Surabaya,” tutupnya.

Baca juga :
Smartphone Tertipis Dunia Meizu Diboyong ke Indonesia
Maaf, Masyarakat Sudah Tak Tergiur Smartphone Baru
Jual 10 Miliar Smartphone Pun Xiaomi Tak Untung, Kok Bisa?

Recent Articles

WarQuest: Game of the Gods, Game RPG Berbasis Teks Kini Hadir di Mobile

Technologue.id, Jakarta - WarQuest: Game of the Gods adalah RPG berbasis teks yang dikembangkan oleh Humble Toymaker kini tersedia untuk iOS dan...

OPPO Berikan Cashback Perangkat A12 dan A9 2020

Technologue.id, Jakarta - OPPO seri A merupakan perangkat yang populer di kalangan anak muda di Indonesia. Perangkat lini seri A datang dengan...

Ditipu Order Fiktif, Polda Banten Patungan Ganti Uang Driver Ojol

Technologue.id, Jakarta - Kasus order fiktif kembali terjadi menimpa salah seorang driver ojek online. Pengendara yang mengalami kejadian tidak menyenangkan ini harus...

Miliki Berbagai Fitur Kekinian, Galaxy A11 Dijual Dengan Harga Spesial Selama Flash Sale

Technologue.id, Jakarta - Samsung Electronics Indonesia kembali meluncurkan varian terbaru keluarga Galaxy A series, yakni Galaxy A11. Sebuah smartphone yang dirancang sebagai...

40 Persen Data Pribadi Pengguna Internet di Asia Pasifik Terancam Bocor

Technologue.id, Jakarta - Sebuah survei baru-baru ini yang dilakukan oleh perusahaan keamanan siber global Kaspersky telah mengungkapkan bahwa 40% konsumen dari Asia...

Related Stories

1 Comment

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here